3 Sebab Tagihan Air Tinggi

Minggu, 27 Juni 2021 19:30 WIB

Penulis:Pratiwi

air.jpg
undefined

BATAM (sijori.id) - Kenapa tagihan air melonjak?!

Corporate Communication Manager Moya Indonesia, Astriena Veracia mengatakan ada tiga penyebab utama.

Pertama, pemakaian pola konsumsi pemakaian air yang meningkat, misalnya karena pesta, renovasi rumah, ada tambahan anggota keluarga, penyelenggaraan acara dan lain-lain. 

Dengan pola konsumsi yang meningkat tersebut, maka berakibat pada kubikasi pemakaian otomatis akan bertambah. Bertambahnya kubikasi pemakaian ini, seringkali tidak disadari oleh pelanggan.

Kedua, kebocoran instalasi pipa pelanggan. Potensi adanya kebocoran ini bisa terlihat dari rusaknya keran air, bocornya penampung air pada kloset, kebocoran pipa instalasi setelah meteran dan lain-lain.

Hal ini berdampak pada potensi jumlah kubikasi pemakaian air jadi tinggi. Cara tepat untuk mengetahui kebocoran adalah matikan semua keran air di rumah. Jika pandu meter tetap berputar, maka perlu diwaspadai ada kebocoran pipa instalasi dalam.

Ketiga, lupa menutup kran. Pelanggan diharapkan selalu memastikan keran air terkunci atau tertutup dengan sempurna saat tidak diguankan, serta membiasakan diri memerika secara rutin floating valve, jika memiliki bak penampungan dan kloset duduk. (*)

Tags:moya