40 Hari di Hutan Amazon. 4 Anak Kecil Ditemukan Selamat

Sabtu, 10 Juni 2023 15:08 WIB

Penulis:Pratiwi

empat anak.jpg

 

 

 

BOGOTA (sijori.id) - “Kegembiraan bagi seluruh negeri! Keempat anak yang hilang 40 hari yang lalu di hutan Kolombia ditemukan hidup-hidup,” tulis  Presiden Kolombia Gustavo Petro di Twitter Jumat 9 Juni 2023. Dia melampirkan gambar yang tampaknya menunjukkan kru pencari merawat anak-anak di hutan yang terbuka.

Empat anak kecil itu ditemukan hidup setelah lebih dari sebulan mengembara di hutan Amazon. Mereka adalah empat orang yang selamat dari kecelakaan pesawat.

Anak-anak yang tampak kurus di foto tersebut sedang diperkisa oleh dokter dan akan dievakuasi untuk perawatan medis.

Keempat anak tersebut adalah 

  • Lesly Jacobombaire Mucutuy, 13
  • Soleiny Jacobombaire Mucutuy, 9
  • Tien Ranoque Mucutuy, 4
  • Bayi Cristin Ranoque Mucutuy. 

Mereka  terdampar di hutan sejak 1 Mei setelah selamat dari kecelakaan pesawat mematikan.

Ibu mereka, Magdalena Mucutuy Valencia meninggal dalam kecelakaan  bersama dua penumpang dewasa lainnya yakni  pilot Hernando Murcia Morales dan pemimpin suku Yarupar Herman Mendoza Hernández.

Hilangnya anak-anak  memicu operasi pencarian besar-besaran yang dipimpin oleh militer yang melibatkan lebih dari seratus pasukan khusus Kolombia. Selain itu juga melibatkan 70 penduduk pribumi untuk menyisir daerah tersebut.

Selama berminggu-minggu, pencarian hanya menemukan sejumlah petunjuk termasuk jejak kaki, popok kotor, dan botol. Anggota keluarga mengatakan anak tertua memiliki pengalaman di hutan, tetapi harapan memudar seiring berjalannya waktu.

Pemimpin adat Lucho Acosta, koordinator tim adat, memuji upaya ekstra tim pencarian  dan otoritas lokal untuk menemukan anak-anak tersebut.

“Mereka semua menambahkan sedikit usaha agar Operasi Harapan ini berhasil, dan kita bisa berharap anak-anak akan muncul hidup dan lebih kuat dari sebelumnya. Kami telah berharap bersama dengan kekuatan nenek moyang kami, dan kekuatan kami menang,” katanya Jumat.

“Kami tidak pernah berhenti mencari mereka sampai keajaiban datang,” cuit Kementerian Pertahanan Kolombia.

Selama konferensi pers Jumat malam, Petro mengatakan anak-anak akan menerima evaluasi dan perawatan medis segera. Dia berharap bisa berbicara dengan mereka pada hari Sabtu.

“Yang terpenting sekarang adalah apa yang dikatakan dokter, mereka telah hilang selama 40 hari, kondisi kesehatan mereka pasti tertekan. Kita perlu memeriksa kondisi mental mereka juga, ”katanya.

“Mereka akan menerima perawatan medis dan tergantung pada apa yang dikatakan dokter, mereka mungkin dipindahkan ke Bogota atau Villavicencio. Saya akan mencoba berbicara dengan mereka besok," katanya.

Petro yang sebelumnya terpaksa mundur setelah salah menge-tweet  mereka telah ditemukan bulan lalu, menggambarkan kemampuan 40 hari anak-anak itu sebagai "bukti bertahan hidup yang luar biasa." “Ini adalah anak-anak perdamaian dan anak-anak Kolombia,” katanya. (*)

Tags:Amazon