5 Hal yang Bisa Bikin Boros

Kamis, 17 November 2022 13:02 WIB

Penulis:Pratiwi

shopping-belanja.jpg

 

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Berikut beberapa trik hemat yang ternyata justru bikin Anda makin boros.

 

1. Membeli Tiket di Situs Travel

Saat ini Anda tentu sudah akrab dengan berbagai situs travel yang memudahkan Anda untuk mencari berbagai penerbangan dari banyak maskapai. Akan tetapi, jika Anda hanya bergantung pada situs travel tersebut mungkin Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Oleh karena itu, sebelum memesan tiket ada baiknya Anda memeriksa situs maskapai penerbangan karena biasanya Anda akan mendapatkan penawaran yang lebih menarik.

 

2. Menggunakan Promo dari Toko

Ada beberapa toko yang memberikan penawaran seperti, beli 3 gratis 1. Hal ini mungkin terkesan akan menguntungkan Anda. Akan tetapi, jika Anda sebetulnya hanya butuh satu barang saja, membeli tiga barang tentunya akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang. Kecuali jika Anda benar-benar membutuhkannya dalam jumlah besar, promo tersebut mungkin akan menguntungkan Anda.

 

3. Sering Mengunjungi Toko yang Menawarkan Diskon

Toko dengan label diskon tentu akan membuat Anda tergoda untuk mengunjunginya. Mungkin bagi Anda, penawaran mereka terkesan luar biasa dan akan membuat Anda semakin hemat. Namun, jika saat diskon tersebut Anda tidak sedang membutuhkan barang yang mereka jual, hal itu justru membuat Anda boros dan mendorong kebiasaan belanja impulsif.

 

4. Beli Barang DIY

Barang-barang DIY atau do it yourself memang terkesan lebih terjangkau dan menantang sisi kreativitas Anda. Bagi Anda yang terbiasa menyusun barang-barang sendiri mungkin tidak akan dirugikan jika Anda membeli barang DIY. Namun, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menyusun barang DIY tersebut, bisa jadi berisiko gagal yang akan membuat Anda membeli barang baru lagi.

 

5. Membeli Barang Bekas

Barang bekas memang selalu menggiurkan untuk dibeli. Hal ini karena mereka lebih terjangkau dan biasanya menyediakan beberapa seri yang saat ini sudah jarang ada di pasaran. Namun, sebelum Anda memutuskan membelinya, pastikan bahwa barang tersebut awet, berkualitas, dan tetap bisa digunakan dengan baik tanpa harus memperbaikinya.

 

Itu tadi beberapa trik hemat yang biasanya justru menjebak Anda menjadi lebih boros. Apakah Anda masih melakukannya?

Tags:boros