5 Pertanyaan untuk Tentuin Pekerjaan Impian

Senin, 13 Februari 2023 09:39 WIB

Penulis:Pratiwi

UMKM Kerajinan Enceng Gondok - Panji 6.jpg
Aktifitas pengrajin tas dan kerajinan dari bahan eneng gondok di kawasan Cipondoh Kota Tangerang, Kamis 4 Agustus 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Banyak tulisan yang berseliweran di internet tentang bagaimana cara menjalani pekerjaan dengan bahagia. Dilansir dari laman website Entrepreneur, cobalah untuk menanyakan 5 pertanyaan berikut pada diri Anda untuk membantu Anda menemukan pekerjaan impian.

 

1. Apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan?

Pikirkan tentang pertanyaan ini secara profesional secara umum. Apakah Anda suka terlibat dengan orang-orang? Apakah Anda suka pekerjaan kreatif? Apakah Anda suka memiliki jadwal yang telah diatur? Apakah Anda suka bekerja dalam lingkungan tim? 

Apakah Anda suka berelasi?

Apakah Anda lebih suka menjalankan pengawasan? Apakah Anda lebih suka bekerja di sekitar orang lain atau dari rumah? Buat daftar setidaknya 20 hal yang benar-benar ingin Anda lakukan secara profesional.

 

2. Apa kekuatan Anda?

Apakah Anda hebat dalam membuat laporan? Apakah Anda unggul dalam manajemen proyek? Apakah Anda memimpin dan menginspirasi tim? Apakah Anda suka terlibat dengan angka-angka?

Apakah Anda memotivasi diri sendiri, atau apakah Anda bekerja lebih baik dengan arahan? Apakah Anda seorang presenter yang hebat? Masih sama, berpikirlah secara luas dan buatlah daftar setidaknya 20 hal untuk pertanyaan ini.

 

3. Lihat apakah kesenangan Anda dan kekuatan Anda memiliki korelasi

Saat Anda membuat daftar jawaban untuk pertanyaan nomor 1 dan 2, Anda mungkin akan menemukan jawaban-jawaban yang sama. Disinilah Anda akan mendefinisikan apa yang membuat Anda bahagia.

Ketika apa yang Anda suka sama dengan apa yang dapat Anda lakukan dengan baik. Maka banyak manfaat yang dapat diciptakan untuk kedua belah pihak. Baik Anda maupun bos Anda.

Bos Anda mendapatkan manfaat besar karena memiliki karyawan yang ahli di suatu bidang dan Anda juga mendapatkan manfaat karena bekerja untuk hal-hal yang Anda sukai.

 

4. Apakah lingkungan kerja Anda saat ini memberi Anda kesempatan untuk menggabungkan kekuatan dan kesenangan Anda?

Banyak orang menyukai tempat mereka bekerja. Mereka juga tidak memiliki masalah dengan orang-orang yang bekerja sama dengan mereka. Dan mereka juga cukup puas dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Namun, mereka tidak menemukan kegembiraan dan kepuasan dalam apa yang mereka lakukan setiap hari. Sangat normal untuk menginginkan tantangan baru dan tanggung jawab baru.

Lagipula kemungkinan besar atasan Anda juga akan lebih suka jika Anda berkontribusi sebaik mungkin. Jadi, pertimbangkan untuk mengajukan peran baru untuk diri Anda sendiri yang mencerminkan kekuatan dan kesenangan Anda.

Ini akan membantu Anda merasa lebih bahagia dengan pekerjaan Anda.

 

5. Tentukan peran baru di tempat lain

Jika Anda tidak mampu mendefinisikan peran baru di pekerjaan Anda saat ini. Anda dapat menentukan peran baru untuk diri sendiri yang menggabungkan kekuatan dan kesenangan Anda.

Ini akan membantu Anda untuk menentukan peluang lain apa yang mungkin bisa Anda kejar. Biasanya dalam bisnis, orang berganti pekerjaan mengacu pada mengambil pekerjaan di tempat lain dengan peran dan gaji yang serupa atau peran yang serupa namun dengan gaji dan tanggung jawab yang berubah.

Namun, Anda dapat mencoba peran lain meskipun tidak dengan gaji yang lebih besar dan tidak membuat Anda menjadi lebih buruk. Jika peran baru Anda memberikan lebih banyak reaksi, mengapa harus banyak pertimbangan?  (*)