5 Strategi Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Minggu, 04 Juni 2023 23:05 WIB

Penulis:Pratiwi

pexels-moose-photos-1036622.jpg
Photo by : Moose Photos https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-blue-shawl-lapel-suit-jacket-1036622/

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Amy Morin, seorang psikoterapis dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don't Do mengatakan kepada Psychology Today seperti dilansir oleh Tren Asia, jejaring media sijori.id pada Rabu 31 Mei 2023, bahwa Anda tidak perlu menunggu hingga Anda benar-benar merasa percaya diri untuk melakukan hal-hal yang terasa menakutkan bagi Anda.

Lebih lanjut ia juga membagikan 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk merasa lebih percaya diri.
 

1. Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Membandingkan diri Anda dengan orang lain adalah cara paling instan untuk mengikis kepercayaan diri Anda. Penelitian menunjukan bahwa semakin Anda merasa iri dengan orang lain, maka semakin buruk juga perasaan Anda terhadap diri sendiri.

Alih-alih menganggap orang lain sebagai pesaing, mulailah untuk mengambil sesuatu yang bermanfaat dari mereka seperti informasi, keterampilan, atau sesuatu yang dapat Anda pelajari.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan mulailah untuk membandingkan dengan diri Anda sendiri yang kemarin. Tetapkan tujuan untuk terus menjadi lebih baik dari diri Anda yang kemarin.
 

 

2. Buat Boundaries yang Jelas

Sulit menjadi percaya diri ketika Anda merasa tidak memiliki kendali atas cara orang lain memperlakukan Anda. Dengan menetapkan boundaries yang jelas, Anda akan mulai bertanggung jawab untuk menentukan perilaku apa yang dapat Anda toleransi dan mana yang tidak.

 

 

3.  Jaga Tubuh Anda

Rasanya seperti tidak mungkin bagi Anda merasa percaya diri dan merasa baik tentang diri sendiri ketika Anda tidak dapat merawat tubuh Anda.

Saat Anda memprioritaskan peawatan diri, sebenarnya Anda tengah melakukan progres yang besar untuk tubuh, pikiran, dan jiwa Anda.

Amy Morin mengatakan bahwa kunci untuk membantu Anda merasa lebih baik adalah dengan makan sehat, berolahraga, bermeditasi dan tidur.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, cobalah menambahkan kebiasaan lain seperti makanan yang lebih sehat dan traveling meingkatkan kepercayaan diri Anda.
 

 

4. Habiskan Waktu dengan Orang-Orang yang Positif

Orang-orang di sekitar Anda sangat memengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri. Jika orang-orang disekitar Anda kerap mengkritik dan menghakimi Anda dengan cara yang buruk, hal tersebut dapat menurunkan kesejahteraan mental Anda.

Namun, jika Anda berinteraksi dengan orang-orang yang dapat menyemangati dan mendukung satu sama lain, Anda pastinya akan merasa jauh lebih baik.

Sayangnya, penelitian menemukan bahwa orang dengan harga diri yang rendah cenderung berteman dengan orang yang merendahkan mereka. Hal ini karena, mereka menjadi begitu akrab dengan kata-kata negatif dan cenderung sulit mendengar orang lain mengatakan hal-hal yang baik tentang mereka.

Jadi perhatikan baik-baik tentang siapa yang Anda pilih untuk mengelilingi diri Anda. Jangan takut untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kontak dengan beberapa orang yang menurut Anda toxic.

 

5. Bersikap Seolah-olah Anda Merasa Percaya Diri

Amy Morin berpendapat bahwa, terkadang cara terbaik untuk mengubah perasaan Anda menjadi percaya diri adalah dengan mengubah perilaku Anda terlebih dahulu.

Cobalah untuk bertanya kepada diri Anda. Apa yang akan Anda lakukan jika sudah merasa percaya diri? Apakah mendaftar kursus? Pindah kota? atau mungkin berbicara dengan lebih banyak orang?. Lakukan hal-hal tersebut sekarang juga. Tak perlu menunggu Anda merasa cukup percaya diri.

Praktikkan postur tubuh percaya diri. Terkadang perubahan kecil dapat membuat perbedaan yang besar. (*)