Airnav Mencatat Kenaikan Jumlah Penerbangan selama Musim Mudik

Jumat, 29 April 2022 21:28 WIB

Penulis:Pratiwi

hang nadim.jpg

 

JAKARTA (sijori.id)   — Airnav Indonesia mencatat terjadi kenaikan penerbangan hingga 239 persen dibandingkan tahun lalu. Angka ini tercatat untuk periode angkutan udara Lebaran .

Tak hanya itu, tingkat keterisian kursi pesawat atau load factor sudah mencapai 75%.

“Proyeksi tersebut disusun sudah dengan mempertimbangkan dampak dari kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik, setelah dua tahun lalu dibatasi,” sebut Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi, dikutip dari Indonesia.go.id, Jumat 29 April 2022.

Berkaitan dengan rencana penambahan slot penerbangan, sejumlah maskapai sudah mengajukan slot penambahan penerbangan sebanyak total 928 penerbangan di 13 bandara selama periode Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022.

Jumlah tersebut didominasi yang melayani penerbangan dari Bandar Udara Soekarno-Hatta. Khusus untuk Soetta terdapat penambahan slot penerbangan sebanyak 423 penerbangan.

Menghadapi potensi kenaikan jumlah penerbangan pada periode angkutan udara lebaran tahun ini, AirNav Indonesia juga telah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya memastikan kesiapan personel dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi prima.

Selain itu, disiapkan juga sejumlah prosedur tanggap darurat untuk mengantisipasi berbagai faktor operasional yang tidak dapat diprediksi, seperti gangguan cuaca, pelayanan peberbangan kedaruratan dan pergerakan VIP, hingga kemungkinan gangguan teknis fasilitas navigasi penerbangan.

AirNav bakal mengoptimalkan jam operasional pelayanan dengan menyesuaikan jam operasional bandara di masing-masing lokasi kerja. Oleh karenanya, AirNav siap melakukan penyesuaian jika diperlukan perpanjangan jam operasional, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, peningkatan pergerakan penumpang sudah mulai sejak 22 April 2022 atau H-10 Idulfitri.

Secara kumulatif, sebanyak 160.000 penumpang pesawat memadati 20 bandara milik perseroan. “Dari jumlah tersebut, pergerakan sebanyak 110.000 penumpang ada di Bandara Soekarno-Hatta."

Maskapai nasional mulai mempersiapkan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 928 jadwal di 13 bandara untuk periode angkutan Lebaran 2022. (*)

Tags:airnav