Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau Menaja Festival Creative and Innovative Riau Islands Carnival 2023

Senin, 21 Agustus 2023 14:37 WIB

Penulis:Pratiwi

cerfnival.jpg

 

BATAM (sijori.id) - Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menaja festival Creative and Innovative Riau Islands Carnival (CERNIVAL) 2023. Plh Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau Adidoyo Prakoso mengatakan, festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023, bertempat di One Batam Mall merupakan perwujudan komitmen dan sinergi Bank Indonesia Kepri dengan pemerintah daerah serta mitra strategis terkait untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran dan pelindungan konsumen.

Acara ini berupaya mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Baik dari sisi pengguna (user) maupun dari sisi volume transaksi.

"CERNIVAL 2023 diharapkan dapat menjadi sarana edukasi kebijakan Bank Indonesia serta memfasilitasi masyarakat untuk merasakan pengalaman kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS (QRIS Experience),” ungkap Adidoyo Prakoso, dalam rilisnya, Senin 21 Agustus 2023.

Menurutnya, dengan bertransaksi menggunakan QRIS selama festival berlangsung, masyarakat berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik dari puluhan UMKM yang menawarkan produk terbaiknya pada CERNIVAL 2023.

Selain itu, CERNIVAL 2023 juga akan dilengkapi dengan Talkshow Coastal Era 2.0. (Consumer Protection and Data Security 2.0) bertema “Empowering Digital Consumer” yang menghadirkan narasumber dan praktisi ahli di bidang digital banking dan dompet elektronik.

“Melalui talkshow tersebut, masyarakat diharapkan dapat memahami current issue/case di era digital dan cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Adidoyo.

Dengan demikian, keberdayaan konsumen jasa sistem pembayaran diharapkan dapat meningkat, sehingga mampu menjadi konsumen yang PeKA (Peduli, Kenali, Adukan).

Momentum CERNIVAL 2023 juga akan menjadi ajang kreativitas bagi generasi muda dengan diselenggarakannya berbagai kompetisi, antara lain: e-sports Mobile Legend; Cosplay untuk penggemar anime, manga, dan game; K-Pop Dance Cover, serta beberapa kompetisi lain.

Puncak acara CERNIVAL 2023 akan dimeriahkan dengan penampilan band nasional dan lokal, yaitu Nidji dan Road Roost. Oleh karena itu, CERNIVAL 2023 diharapkan dapat menjadi festival yang memberikan pengalaman lengkap kepada masyarakat, baik dari segi edukasi, teknologi, hiburan, dan budaya dalam sebuah rangkaian kegiatan. (*)