Batik Gonggong Laris pada Ajang Kepri Batik-an 2022

Minggu, 20 Maret 2022 20:55 WIB

Penulis:Pratiwi

gonggong.jpg
Batik Gonggong

 

BATAM (sijori.id) - Pemprov Kepri menggelar acara Kepri Batik-an 2022 di Atrium Nagoya Hill Mall, Kota Batam.

Hasilnya menggembirakan. Minat masyarakat terhadap batik ternyata begitu besar, terbukti pada event Kepri Batik-an 2022 Batik Gonggong paling banyak terjual dengan total sekitar Rp 16 Juta.

Thera dari PKK Provinsi Kepulauan Riau mengatakan batik gonggong menjadi pakaian yang paling laris dan dibeli oleh pengunjung. Ia tak menyangka dalam 2 hari, animo
masyarakat untuk memiliki batik khas Kepri setinggi itu.

“Paling banyak ya Batik Gonggong. Selain kain, baju yang paling banyak. Tanjak juga banyak sekali yang membeli,” ucapnya.

Batik gonggong ialah khas Kepri. Motif gonggong diambil dari sebangsa siput yang di Kepri disebut gonggong. 

Exhibition ini sememangnya hadir sebagai ajang promosi produk unggulan kerajinan batik Kepulauan Riau kepada masyarakat luas berlangsung selama 2 hari, dari 19-20 Maret 2022 berhasil meraup jumlah transaksi sekitar Rp. 30 Juta lebih dari stand-stand yang ikut dalam pameran dan bazzar. Dengan jumlah kunjungan sekitar 1.500 pengunjung. Minggu, (20/3).
 

Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Berkolaborasi dengan REBORN KREASI BATAM dan didukung oleh para stakeholder. Mengusung tema Berkaya Dengan Budaya.

Kepala Dinas Pariwista Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan KEPRI BATIKAN lahir dari kerisauan terus menerus terhadap situasi yang terjadi beberapa waktu ke belakang, bagaimana membangun kembali sektor perekonomian kita yang mengalami keterpurukan, akibat pandemi yang melanda beberapa waktu lalu.

“Namun demikian kita harus tetap optimis bahwa Kepri akan bangkit kembali, salah satu upaya kami adalah dengan mengangkat kembali local wisdom atau kearifan lokal kita,” jelas Buralimar