Creator Fund Creativity Program agarKreator TikTok makin Cuan

Selasa, 21 Februari 2023 17:00 WIB

Penulis:Pratiwi

tiktok.jpg
Main tiktok | freepik

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Pada 20 Februari lalu, TikTok mengumumkan peluncuran versi beta dari creator fund yang baru, Creativity Program. TikTok menyebutkan bahwa program ini dirancang untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dan membuka lebih banyak peluang bagi pembuat konten atau content creator.

Creator Fund Creativity Program ini juga telah tersedia dan hanya akan memilih kreator berdasarkan undangan saja. Selain itu, program ini juga akan segera tersedia untuk semua content creator yang memenuhi syarat.

Seperti yang dilansir dari laman TechCrunch, mengingat program ini masih dalam tahap awal, TikTok menolak untuk mengungkapkan secara spesifik tentang sejumlah uang yang telah dialokasikan untuk program tersebut.

Selain itu, TikTok juga tidak mengatakan berapa banyak followers atau view yang dibutuhkan oleh content creator agar memenuhi syarat untuk mengikuti Creativity Program. Namun, TikTok hanya memastikan bahwa pengguna harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki akun yang bereputasi baik agar memenuhi syarat untuk program ini.
Tujuan TikTok Membentuk Creativity Program

TikTok mengatakan mengembangkan program baru ini berdasarkan feedback dari para content creator tentang peluang penghasilannya saat ini termasuk Creator Fund. Dana tersebut yang memberi penghargaan kepada para pembuat video populer yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu dengan komitmen US$ 1 miliar selama tiga tahun.

Model program ini juga telah dikritik oleh content creator yang mengeluh karena pembayaran yang rendah dan beberapa mengatakan mereka memperoleh beberapa dolar saja untuk video yang mendapat jutaan view.
 

 

Syarat Content Creator yang Dapat Mengikuti Creativity Program

Meski TikTok tidak mengatakan berapa banyak followers yang dibutuhkan content creator agar memenuhi syarat untuk ikut Creativity Program ini, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa persyaratan minimum yang harus dipenuhi adalah memiliki 100.000 pengikut.

Jika ini adalah kriteria yang sebenarnya, maka ini akan menandai lompatan yang signifikan dari persyaratan 10.000 pengikut di bawah Creator Fund saat ini.

Untuk mulai menghasilkan uang dengan program ini, pembuat konten harus membuat video asli berkualitas tinggi yang berdurasi lebih dari satu menit.

Untuk konteksnya, Creator Fund TikTok saat ini tidak mengharuskan video berdurasi lebih dari satu menit agar memenuhi syarat untuk pembayaran. Tahun lalu, TikTok memperluas panjang video maksimumnya dari tiga menit menjadi 10 menit, dan sekarang ingin memberi penghargaan kepada pembuat konten karena memposting konten yang lebih panjang. Fokus TikTok pada konten yang lebih panjang tidak mengherankan, mengingat perusahaan tersebut telah merambah lebih jauh ke wilayah YouTube. (*)