Dilelang, Kitab Injil Berusia 400 Tahun

Selasa, 10 Januari 2023 22:34 WIB

Penulis:Pratiwi

bible.jpg

 

 

MASSACHUSETTS (sijori,id) - Sebuah kitab Injil berusia 400 tahun yang dibawa ke Amerika oleh pendiri sebuah kota di Massachusetts akan dilelang di timur Belfast. Salinan The Geneva Bible dihargai antara £5.000 hingga £10.000 atau sekitar Rp 166 juta (kurs Rp16.650) oleh Bloomfield Auctions.

Kitab tersebut dicetak pada 1615 dan dibawa ke tempat yang sekarang menjadi Amerika Serikat pada 1633 oleh Elizabeth Pole. The Geneva Bible adalah Alkitab pertama yang dicetak secara mekanis dan diproduksi secara massal yang tersedia untuk umum. Ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1560 - setengah abad sebelum King James Bible.

Edisi yang dijual pada hari Selasa dimiliki oleh Elizabeth Pole, yang melakukan perjalanan dengan saudara laki-lakinya di Speedwell ke Koloni Plymouth.

Berasal dari Devon, dia kemudian mendirikan kota Taunton di Massachusetts dan diyakini sebagai wanita pertama yang mendirikan kota di Amerika Utara. Salinannya dicetak oleh Robert Baker, pencetak untuk Elizabeth I dan James I dan VI. 

Direktur pelaksana Bloomfield Auctions Karl Bennett dikutip BBC Selasa 9 Januari 2023 mengatakan dia mengharapkan minat dunia terhadapnya karena signifikansi historisnya dan hubungannya dengan Amerika modern.

Alkitab diberikan kepada ayah Elizabeth Sir William Pole oleh Uskup Agung Canterbury sebagai pengakuan atas jasanya kepada Gereja dan orang miskin di Devon.

Ketika Elizabeth meninggal, Alkitab dikembalikan ke keluarganya di Devon dan tetap menjadi milik keluarga Pole-Carew sampai pertengahan abad ke-20 ketika dijual kepada seorang kolektor dari Irlandia Utara. Kitab Itu dijual sebagai bagian dari koleksi pribadi dari kediaman seorang pria.

Barang-barang lain yang akan dilelang termasuk cat air dari tahun 1853 dan lukisan cat minyak dari tahun 1895. Keduanya karya seniman Victoria Thomas Sidney Cooper. (*)

Tags:Injil