Garuda dan Singapore Airlines Join Maksimalkan Pendapatan

Sabtu, 03 Juni 2023 12:48 WIB

Penulis:Pratiwi

Ilustrasi Garuda - Panji 4.jpg
Pesawat Garuda saat melakukan perawatan di GMF Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

 

JAKARTA (sijori.id) - Maskapai BUMN PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memutuskan bekerja sama dengan Singapore Airlines melalui joint venture rute penerbangan antar kedua maskapai untuk memaksimalkan profitabilitas.

Melalui kerja sama ini, Garuda dan Singapore Airlines bersepakat untuk tidak melakukan persaingan bebas pada rute tertentu yang disepakati. Antara lain, Singapura-Denpasar, Singapura-Jakarta, Singapura-Surabaya.  

"Ini purely operation, bagaimana kami berdua memaksimalkan pendapatan maupun profitability kami di rute tertentu," kata Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra dalam paparan publik Selasa, 30 Mei 2023 di Jakarta.

Dalam keterangannya, Irfan menyebutkan kerja sama yang dijalin dengan Singapore Airlines pada rute-rute tersebut juga menjadi upaya untuk meningkatkan traffic di kawasan destinasi pariwisata super prioritas.

   Alarm Palsu di Seoul Meraung, Korea Utara Gagal Luncurkan Satelit Mata-Mata Pertamanya
   Gandeng Vesta, Mastercard Perkuat Keamanan Transaksi Merchant E-Commerce
   Elon Musk Pusing, Valuasi Twitter Susut Dua Pertiga dari Harga Beli

Sementara menurut perhitungannya, kerja sama ini seharusnya mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan. "Kita melihat kerja sama ini mustinya menguntungkan kita, mustinya lebih baik buat kita," katanya.

Namun demikian, kerja sama ini disebut Irfan akan dilakukan evaluasi secara periodik. Kesepakatan kerja sama dapat berakhir jika nanti salah satu dari kedua belah pihak memutuskan untuk tidak memperpanjang joint venture ini.

"Kerja sama ini kan bisa di dalam berjalannya ternyata salah asumsi. Jadi kita sepakat ada termsnya, sekian tahun bila salah satu dari kedua belah pihak tidak menginginkan diteruskan, kita bisa berhenti," pungkasnya.

Adapun pada penerbangan di taraf internasional, Garuda sejauh ini telah menjalin kerja sama komersial lainnya bersama beberapa maskapai dunia. Di antaranya Etihad Airways, Emirates, serta Qatar Airways. (*)