Hal yang BIsa Anda Lakukan saat Dipecat

Minggu, 07 Mei 2023 17:00 WIB

Penulis:Pratiwi

phk.jpg
ilustrasi | freepik

 

 

(sijori.id) - Banyak orang yang mungkin belum memiliki rencana saat terkena PHK. Saat sedang menganggur, kurangnya tugas dari atasan bisa menimbulkan penyalahgunaan waktu, memicu stres, depresi, atau cemas tentang hal-hal yang tidak diketahui.

Namun, ada cara yang lebih cerdas yang bisa dilakukan saat menganggur agar Anda bisa lebih siap untuk karier berikutnya. Inilah beberapa kebiasaan cerdas yang perlu Anda lakukan saat menganggur.

 

1. Terima situasi

Setelah diberhentikan atau mengalami PHK, ada baiknya jika Anda perlu menerima kondisi tersebut terlebih dahulu dan carilah hikmahnya. Mungkin memang sulit untuk mengakui bahwa Anda sudah diberhentikan dan kehilangan pekerjaan. Namun, dengan menerima pengangguran itu sebagai kenyataan, Anda bisa lebih fokus pada apa yang benar-benar penting, seperti mempersiapkan resume, wawancara, serta belajar beberapa keterampilan baru.

 

2. Tingkatkan keterampilan

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan diri adalah dengan meningkatkan pelatihan dan pendidikan di bidang pekerjaan Anda. Anda bisa mencoba mendaftar di kelas atau kursus tertentu yang relevan dengan bidang atau industri Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar pekerjaan lepas saat sedang mencari pekerjaan sambil terus mendiversifikasi jaringan Anda.

 

3. Cari sertifikasi

Selain mengikuti kursus dan pelatihan untuk memperluas pengetahuan Anda, ada baiknya Anda juga mendapatkan kesempatan belajar yang memberikan sertifikasi untuk meningkatkan nilai Anda di pasar kerja.

 

4. Perluas jaringan untuk mendapatkan peluang baru

Ketika menganggur, cobalah untuk memperluas jaringan, baik itu rekan kerja Anda yang lama, kenalan Anda, atau profesional di LinkedIn. Anda juga sebaiknya tidak terlalu mengkhawatirkan jika ada yang menolak Anda saat Anda ingin menjalin jaringan kepada mereka. 

 

(*)