Israel-Hamas Sepakat Bebaskan Lebih Banyak Tawanan

Rabu, 29 November 2023 08:16 WIB

Penulis:Pratiwi

Orang-Orang Berjalan di Samping Truk dengan Bantuan Kemanusiaan yang Dikirimkan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina, menuju Gaza Utara
Orang-Orang Berjalan di Samping Truk dengan Bantuan Kemanusiaan yang Dikirimkan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina, menuju Gaza Utara (Reuters)

Gencatan senjata Israel-Hamas di Jalur Gaza masih berlangsung hingga hari kelima pada Selasa, 28 Novemver 2023. Kedua belah pihak menyelesaikan pembebasan sandera dan tampaknya siap untuk membebaskan lebih banyak lagi.

Israel pada Senin, 27 November 2023, mengatakan 11 warga Israel telah kembali ke negara itu dari Jalur Gaza. Sehingga total 69 sandera Israel dan asing yang dibebaskan oleh kelompok Islam Palestina Hamas sejak Jumat di bawah gencatan senjata empat hari.

Hamas mengambil sekitar 240 tawanan selama serangan pada 7 Oktober di selatan Israel yang menewaskan 1.200 orang, menurut data Israel. Ini mendorong Israel untuk melakukan pembalasan dengan melakukan serangan udara di wilayah pantai dan meluncurkan serangan darat di bagian utara.

Dinas Penjara Israel mengatakan 33 tahanan Palestina dibebaskan pada Senin, dari penjara Ofer Israel di Tepi Barat dan dari sebuah pusat penahanan di Yerusalem. Sehingga jumlah total warga Palestina yang dibebaskan sejak Jumat menjadi 150.

“Pasukan Israel bentrok dengan sejumlah warga Palestina di luar penjara Ofer dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki untuk menunggu pembebasan tahanan Palestina,” kata Kementerian Kesehatan Palestina, dikutip dari Reuters, Selasa, 28 November 2023.

Beberapa pengunjuk rasa membawa bendera Hamas dan Jihad Islam, kelompok militan Palestina lainnya. Kementerian menyatakan seorang warga Palestina tewas di area tersebut, dan tidak jelas apakah ia ikut terlibat dalam bentrokan. Media Palestina melaporkan, dia ditembak mati. Israel tidak memberikan komentar langsung mengenai insiden ini.

“Sebagai tanggapan atas serangan 7 Oktober, Israel telah membombardir Jalur Gaza dan melancarkan serangan darat di utara. Lebih dari 15.000 warga Palestina telah tewas,” kata pemerintah Gaza yang dikelola Hamas, dan ratusan ribu mengungsi.

Qatar, yang bersama dengan Mesir telah memfasilitasi pembicaraan tidak langsung antara kedua belah pihak, mengatakan ada kesepakatan untuk memperpanjang dua hari gencatan senjata empat hari yang akan berakhir pada Senin.

“Kami memiliki perpanjangan dua hari lagi,” kata Duta Besar Qatar untuk PBB Alya Ahmed Saif Al-Thani kepada wartawan setelah pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB, mengatakan kedua belah pihak akan membebaskan lebih banyak orang. “Ini adalah langkah yang sangat positif.”

Setiap hari sejak gencatan senjata dimulai pada Jumat, Hamas telah membebaskan beberapa sandera sementara Israel telah membebaskan beberapa warga Palestina yang dimilikinya. Dari 69 sandera yang dibebaskan Hamas adalah 51 warga Israel dan 18 warga asing.

Ido Dan, seorang kerabat warga Israel Sahar Calderon, 16 tahun, dan Erez Calderon, 12 tahun, berbicara tentang kegembiraan saat pembebasan mereka pada Senin, bercampur dengan kecemasan tentang ayah mereka, Ofer, yang masih ditahan.

“Sulit untuk beralih dari keadaan cemas tanpa akhir tentang nasib mereka ke keadaan lega dan gembira,” kata Dan. “Ini adalah momen yang menyenangkan dan mengisi hati. Ini adalah awal dari proses rehabilitasi yang sulit bagi Sahar dan Erez, yang masih muda dan telah melalui pengalaman yang tidak tertahankan.”

Israel sebelumnya mengatakan akan memperpanjang gencatan senjata satu hari untuk setiap 10 sandera lagi yang dibebaskan, memberikan kelonggaran bagi warga Palestina di jalur tepi laut Mediterania dari perang.

Israel belum mengomentari kesepakatan apa pun untuk memperpanjang gencatan senjata, tetapi dalam apa yang mungkin merupakan konfirmasi implisit.

Kantor perdana menteri Israel mengatakan pemerintah Israel menyetujui penambahan 50 tahanan wanita ke dalam daftar warga Palestina untuk kemungkinan pembebasan jika sandera Israel tambahan dibebaskan.
Daftar Sandera

Secara terpisah, pemerintah Israel telah menerima daftar sandera yang diperkirakan akan dibebaskan pada Selasa. Situs berita Axios melaporkan daftar tersebut berisi 10 sandera. Tidak ada komentar langsung dari kantor perdana menteri.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan mengunjungi Israel, Tepi Barat dan Uni Emirat Arab minggu ini untuk membahas mempertahankan aliran bantuan ke Gaza dan membebaskan semua sandera, serta prinsip-prinsip AS untuk masa depan Gaza dan kebutuhan akan kemerdekaan negara Palestina.

Perjanjian gencatan senjata awalnya memungkinkan truk bantuan masuk lebih banyak ke Gaza, di mana penduduk sipil menghadapi kekurangan pangan, bahan bakar, air minum, dan obat-obatan. Menurut PBB, sekitar 1,8 juta dari total 2,3 juta penduduk wilayah tersebut mengalami pengungsi internal.

Meskipun menyebut perpanjangan ini sebagai sekilas harapan dan kemanusiaan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, dua hari tambahan tidak cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan bantuan Gaza. (*)