KCIC Selidiki Terbakarnya Atap Stasiun Kereta Cepat Halim

Senin, 11 September 2023 13:10 WIB

Penulis:Pratiwi

DJI_0702_polarr1-2048x1152.jpg
kawasan Stasiun Halim saat konstruksi

 

JAKARTA (sijori.id) - Atap Kantor PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang berada di Stasiun Kereta Cepat Halim Perdanakusuma terbakar pada Senin 11 September 2023 pukul 03.00 WIB. KCIC memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Mereka segera menginvestigasi untuk mencari penyebab kejadian tersebut. “Percikan api terlihat pada pukul 03.000 WIB dan telah dipadamkan oleh Damkar sehingga Kondisi Stasiun Halim dipastikan aman,” ujar GM Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin 11 September 2023.

Saat kejadian KCIC langsung berkoordinasi dengan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Jakarta Timur sehingga kondisi dapat segera teratasi. KCIC dan Wika selaku kontraktor yang membangun stasiun tersebut telah melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi aman dan seluruh fungsi berjalan normal.

“PT KCIC bersama WIKA sebagai kontraktor telah memastikan bahwa saat ini Stasiun Halim dalam kondisi aman, bagian dalam bangunan stasiun dipastikan dalam kondisi baik dan seluruh fungsi dapat berjalan normal,” ujar Eva lebih lanjut.

Adapun objek yang terbakar dalam kejadian tersebut diketahui membakar bagian atap pelapis atau proteksi sementara sepanjang 20 meter. “Yang terbakar lapisan pelindung atap sepanjang 20 meter,” ujar Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman.

Eva menambahkan bbjek yang terbakar merupakan lapisan pelindung atap atau bagian proteksi sementara. "Bagian tersebut diketahui juga bersifat tahan api dengan area terbatas,” ujar Eva. Dalam kejadian tersebut Eva mengungkapkan tidak terjadi perambatan api.

Pihak pemadam saat ini melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap bangunan tersebut khusunya terkait objek yang terbakar guna memastikan kondisi tetap aman dan terkendali. Unit pemadam juga masih dalam kondisi standby. Diketahui terdapat lima unit mobil pemadam kebakaran dengan 16 personel yang dikerahkan untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa yang timbul. KCIC berkoordinasi bersama kontraktor akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya peristiwa tersebut dengan pemeriksaan menyeluruh.

KCIC juga akan memastikan keamanan dan keselamatan dalam proyek Kereta Cepat tersebut. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. KCIC akan berkoordinasi dengan kontraktor untuk memastikan keamanan dan keselamatan proyek kereta cepat,” ujar Eva. (*)

Tags:KCIC