Ketika HP Hilang, Amankan M-Banking

Senin, 09 Januari 2023 22:28 WIB

Penulis:Pratiwi

Ilustrasi digital banking BRI / Dok. BRI

undefined

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Ada cara untuk mengamankan saldo bagi nasabah pengguna layanan mobile banking (m-banking) ketika handphone (HP) yang digunakan hilang. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andijanto mengatakan, walaupun aplikasi mobile banking pada umumnya sudah dilengkapi oleh fitur keamanan, namun nasabah pun tetap harus berperan aktif ketika HP yang digunakan untuk menggunakan layanan tersebut hilang.

Nasabah sebaiknya segera melapor ke call center yang disediakan bank penyedia layanan untuk segera mengamankan rekening.

Pihak bank pun akan membantu nasabah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi seperti melakukan penggantian kata sandi surat elektronik (e-mail), media sosial, serta aplikasi penting lainnya.

Layanan dari pihak bank juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung dengan HP yang hilang.

Andrijanto pun mengingatkan agar nasabah tidak mencatat nama pengguna dan kata sandi di HP untuk menghindari kebocoran yang tidak diinginkan.

Nasabah pun disarankan Andirjanto untuk menghapus aplikasi m-banking ketika hendak berganti gawai, termasuk menghapus riwayat SMS dan e-mail yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya. (*)