Kue Khas untuk Lebaran

Minggu, 01 Mei 2022 15:30 WIB

Penulis:Pratiwi

Madu_Mongso.jpg
Madu mongso

 

PACITAN (sijori.id)   – Berikut ini beberapa jenis kue yang bisa disajikan di meja ruang tamu untuk menyambut tamu yang akan datang. Rekomendasi Hidangan Tamu (Kue dan jajan) Lebaran
 

Nastar

Nastar termasuk kedalam jenis kue kering. Nama kue ini diambil dari bahasa belanda ananas dan taart. Biasanya kue nastar berisikan aneka selai. Seperti nanas atau mentega.
 

Putri Salju

Masih digolongan kue kering, putri salju. Terbuat dari adonan tepung terigu, tepung meizena, mentega dan kuning telor, adonan kue ini dipanggang di atas oven. Nama putri salju pun bukan tanpa alasan, gula halus putih yang menyelimuti kue ini adalah alasan mengapa kue ini dinamakan putri salju.
 

Kastangel

Siapa yang setuju kalau kastangel memiliki gelar kasta tertinggi didalam per-kue keringan? Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini pun tak beda jauh dadi kue kue kering lainnya. Yang menjadi spesial dari kue ini adalah taburan keju melimpah yang tersebar di atas permukaan kue ini menjadikan rasanya gurih-gurih karena kejunya dan mentega.
 

Tape ketan

Setiap lebaran tiba warga Pacitan biasanya menyuguhkan makanan tradisonal yang terbuat dari ketan ini. Tape ketan dihasilkan dari proses fermentasi ketan dengan ragi. Penyajian tape ketan yaitu dibungkus dengan daun pisang.
 

Madumongso

Masih dengan makanan yang berbahan dasar ketan. Namun ketan yang dipakai untuk membuat kudapan ini menggunakan ketam hitam. Pembuatan madumongso terlebih dahulu melewati proses jadi tape. Kemudian baru diproses masak hingga menjadi dodol atau jenang. Rasa madumongso yaitu manis dan sedikit asam.

Nah itulah beberapa rekomendasi sajian kue dan camilan yang bisa anda suguhkan kepada tamu yang akan datang ke rumah.  (*)