Mengenal Mexican Mole Lizard

Senin, 13 Februari 2023 23:58 WIB

Penulis:Pratiwi

Mexican Mole Lizard disalah artikan sebagai pertanda kiamat.jpg

 

JAKARTA (sijori.id) - National Geographic Rabu, 8 Februari 2023, mencatat hewan seperti di foto atas adalah  salah satu spesies kadal, yakni Mexican Mole Lizard.

Agak mirip dengan ular, spesies ini merupakan kadal kecil tanpa kaki belakang. Adapun panjangnya terbilang cukup kecil yakni sekitar 22 cm. Kadal ini memiliki warna merah muda dan bisa berubah menjadi putih seiring bertambahnya usia.

Karena habitatnya di bawah tanah, kadal tersebut tidak memiliki melanin penambah warna tingkat tinggi sebagaimana yang dibutuhkan hewan lain untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Jadi, warna kadal tersebut cenderung berwarna pink keputih-putihan.

Mexican Mole Lizard jarang terlihat di atas tanah. Alasannya, sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk menggali tanah untuk mencari makanan dengan kepala mereka yang keras seperti sekop. Kaki mereka yang tampak kecil rupanya juga sangat kuat untuk menggali.

Spesies kadal ini biasanya memakan serangga yang tinggal di bawah tanah seperti semut dan rayap. Sama seperti jenis kadal lainnya, Mexican Mole Lizard adalah predator oportunistik yang bisa mengeksploitasi sumber makanan apa pun yang bisa mereka temukan.

Itulah yang menyebabkan kadang kala mereka muncul di permukaan tanah.  Mereka bisa melakukan apapun asalkan mereka bisa mendapatkan makanan.

Sayangnya, Mexican Mole Lizard merupakan makhluk yang sering disalahpahami. Seringkali, kadal ini disalahartikan sebagai ular.

Lantaran mirip ular, tak jarang Mexican Mole Lizard dibunuh oleh manusia lantaran ketakutan.

Selain itu, warnanya yang merah muda dan memiliki bentuk tubuh berbuku-buku, kadang kadal ini juga kerap disalahartikan sebagai cacing. (*)