Mengenal Vespa Mandarinia

Jumat, 08 Oktober 2021 05:34 WIB

Penulis:Pratiwi

lebah pembunuh.jpg

 

MICHIGAN (sijori.id) - Murder Hornet (lebah pembunuh) namanya, disebut juga raksasa Asia (Vespa mandarinia). Ia ialah lebah terbesar di dunia. 

Lebah ini secara alami muncul di Asia, tetapi manusia secara tidak sengaja membawanya ke Amerika Utara. Masalah muncul ketika tawon ini menjadi ancaman bagi satwa liar asli, karena mereka membunuh serangga lain, termasuk tawon dan lebah yang lebih kecil.

Menurut Natural History Museum di London lebah ini tidak menyerang manusia secara aktif tetapi mereka dapat membunuh manusia dengan sengatan yang kuat jika mereka merasa terancam, terutama ketika orang alergi terhadap racunnya.

Lebah ini bisa tumbuh hingga 5,1 sentimeter, atau sekitar panjang ibu jari manusia. Mereka memiliki kepala berwarna kuning atau oranye yang kontras dengan sebagian besar bagian dada berwarna coklat tua atau hitam. Perut besar mereka memiliki garis-garis coklat tua atau hitam dan kuning atau oranye bergantian.

Animal Diversity Web (ADW) Universitas Michigan sebagaimana dikutip LiveScience Kamis 7 Oktober 2021 menyebutkan lebah pembunuh adalah omnivora dan memakan berbagai serangga, terutama kumbang, serta getah pohon dan buah. Lebah sering berburu sendirian, tetapi mereka terkenal karena serangan "pembantaian" terkoordinasi mereka terhadap sarang lebah.

Secara bersama-sama lebah melancarkan serangan habis-habisan terhadap koloni lebah lain yang jauh lebih kecil. Selama serangan ini hingga 20 atau lebih lebah menggunakan rahang bawahnya untuk merobek lebah yang menjaga sarangnya dan kemudian menyusup dan menghancurkan sisa koloni.

Lebah ini dapat membunuh sekitar 30.000 individu dalam satu koloni lebah selama serangan "pembantaian". Menurut University of Florida setelah sebagian besar lebah dewasa mati, lebah  pembunuh mencuri larva dan kepompong dan membawanya ke sarangnya untuk memberi memberi makan larva mereka sendiri.

Para ilmuwan tidak tahu bagaimana lebah pembunuh tiba di Amerika Utara, tetapi pedoman respons hama yang dikeluarkan Badan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tumbuhan Amerika menunjukkan itu mungkin karena impor ilegal lebah hidup yang disengaja atau tidak disengaja.

Lebah pembunuh dikonsumsi di seluruh Asia untuk makanan dan digunakan dalam obat-obatan tradisional. Sarangnya yang berisi larva dan pupa dipanen dan dijual, jadi mungkin saja beberapa larva dan pupa hidup diimpor dan melarikan diri.

Rute lain yang mungkin ke Amerika Utara adalah dengan lebah secara tidak sengaja bersembunyi di angkutan internasional.   Para peneliti percaya bahwa spesies serupa yang disebut lebah Asia, atau lebah berkaki kuning (Vespa velutina) secara tidak masuk Prancis ketika ratu lebah yang sudah kawin berhasil masuk ke kargo internasional. Jadi ini adalah skenario pengenalan lain yang mungkin.
Pertama Terlihat 2019

Lebah pembunuh pertama kali terlihat di Amerika Utara di Pulau Vancouver di Kanada pada Agustus 2019. Lebah kemudian dikonfirmasi berada di Amerika pada Desember 2019, ketika Departemen Pertanian Negara Bagian Washington memverifikasi dua laporan lebah di dekat Blaine, Washington.

Sebelas bulan kemudian, ahli entomologi menemukan dan menghancurkan sarang lebah pembunuh pertama di Blaine dengan memasang pelacak radio ke lebah hidup yang telah mereka tangkap dan mengikuti mereka saat kembali ke sarang.

Lebih banyak lebah pembunuh dilaporkan di Washington dan Kanada pada tahun 2020 dan 2021. Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh WSDA, satu lebah mati ditemukan di dekat Marysville, Washington pada Juni 2021 tampaknya tidak terkait dengan lebah mana pun yang ditemukan sebelumnya hingga binatang itu kemungkinan berasal dari kelompok terpisah.

Menurut University of Florida , lebah pembunuh adalah serangga sosial yang hidup bersama dalam koloni atau sarang. Semua koloni lebah pembunuh dimulai pada musim semi dengan satu ratu yang dikawinkan. Ratu memakan getah pohon saat mereka mencari tempat yang bagus untuk memulai koloni. Biasanya adalah rongga atau area berlubang di dekat akar pohon. Ratu menciptakan tempat dengan mencampur air liurnya dengan serat kayu dan bertelur di dalamnya, yang kemudian menetas sebagai larva putih.

Sang ratu memberi makan larvanya dengan getah pohon, serta jaringan serangga dan laba-laba yang dia kumpulkan di dekat sarang, sampai larva matang menjadi kepompong dan kemudian dewasa. Proses ini memakan waktu sekitar 40 hari. Ratu awalnya hanya menghasilkan lebah pekerja wanita non-reproduksi yang mengambil alih pemeliharaan koloni, termasuk memperluas sarang dan mencari makan, sehingga ratu dapat fokus bertelur lebih banyak lagi.

Jantan dan betina yang berkembang biak, atau ratu, lahir di akhir tahun sekitar akhir Oktober. Jantan nongkrong di dekat pintu masuk koloni untuk kawin dengan ratu baru saat mereka muncul. Setelah betina kawin, dia menemukan tempat di tanah untuk menghabiskan musim dingin dan tetap menganggur sampai musim berikutnya, ketika dia akan muncul dan membangun koloni baru.

Ratu di koloni asli meninggal sekitar pertengahan November, dan koloni segera gagal tanpa ratu untuk membuat lebih banyak pekerja. Ratu lebah pembunuh hidup hingga satu tahun untuk memberi mereka cukup waktu untuk membangun dan memimpin koloni mereka. Lebah pekerja hanya hidup dari musim semi sampai musim dingin, dan lebah jantan hidup lebih pendek, biasanya mati setelah kawin dengan ratu di musim gugur.

Lebah pembunuh dapat menyengat manusia yang mencoba mengambilnya, dan juga akan menyengat saat mempertahankan sarang atau sarang lebah yang mereka serang. Sengatan mereka lebih berbahaya karena mereka memiliki sengat yang lebih panjang serta memberikan dosis racun yang lebih besar dan dapat menyengat berulang kali.

Menurut Oregon State University Lebah pembunuh biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi manusia, tetapi sengatannya dapat menyebabkan respons alergi yang parah, yang disebut anafilaksis. Manusia yang menderita reaksi alergi parah dapat meninggal jika tidak segera mendapat pengobatan. (*)