Menyepi di Telaga Sunyi

Senin, 03 Juli 2023 12:28 WIB

Penulis:Pratiwi

baturraden.jpg

 

 

BANYUMAS (sijori.id - Sebuah destinasi wisata yang terletak di kawasan kaki Gunung Slamet dapat menjadi solusi untuk melepaskan rasa penat dan keinginan berlibur sembari menikmati suasana. Nama tempat wisata ini yaitu Telaga Sunyi. Secara detail destinasi Telaga Sunyi berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Telaga Sunyi merupakan sebuah objek wisata berupa aliran sungai yang membelah rimbunnya hutan pinus di kaki Gunung Slamet. Jadi jangan dibayangkan jika objek wisata ini berupa danau yang besar seperti nama telaga pada umumnya. Daya tarik utama destinasi wisata ini yaitu wisata alam sembari bermain air di aliran. Terdapat kolam alami dengan air terjun kecil di sisi atas kolam yang menjadi tujuan utama dari objek wisata ini.

Kolam alami tersebut memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan sehingga sampai bisa melihat hingga bagian dasar meskipun kolam tersebut memiliki kedalaman kurang kebih hingga 5 meter. Air yang berada di kolam alami tersebut berasal dari aliran sungai yang bersumber langsung dari mata air di Gunung Slamet. Oleh karenanya, air tersebut sangat bersih dan segar karena memang belum tercemar oleh berbagai macam kotoran.

Sebagaimana namanya yaitu Telaga Sunyi, kawasan objek wisata ini memang dapat dikatakan cukup sunyi. Lokasinya yang diapit dan tersembunyi diantara hutan pinus semakin menambah kesan sunyi pada destinasi wisata satu ini. Lokasi ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dari riuhnya lalu lalang orang sembari menikmati dinginnya air pegunungan.

Meskipun memiliki kesan sunyi, kawasan wisata ini sudah dikelola dan memiliki fasilitas pelengkap. Terdapat parkiran yang lumayan luas, toilet, dan stand makanan tentunya. Harga tiket masuknya juga cukup bersahabat dan terjangkau yaitu dibanderol dengan harga Rp15.000,00.

Adapun akses menuju destinasi wisata ini juga cukup mudah karena dekat dengan kawasan wisata Baturraden. Dari pusat Kota Purwokerto berjarak kurang lebih 30 hingga 40 menit perjalanan kendaraan bermotor. Jalanan menuju wisata ini juga cukup baik karena mayoritas aspalnya sudah halus. Selain itu, terdapat banyak juga alternatif wisata lain di sekitar Telaga Sunyi. Sangat memudahkan apabila setelah berkunjung kesini ingin berpindah menikmati wisata lainnya.