Misteri Gambar Kapal Maluku di Gua Suku Aborigin

Kamis, 15 Juni 2023 23:00 WIB

Penulis:Pratiwi

kapal indonesia.jpg

 

 

CANBERRA (sijori.id) - Ratusan tahun yang lalu, di sebuah gua yang sempit, penduduk asli Australia melukis sepasang kapal perang yang asal-usulnya telah membingungkan para arkeolog sejak penemuan karya seni tersebut sekitar 50 tahun yang lalu. Sekarang, sebuah studi baru mungkin telah memecahkan misteri tersebut. Lukisan-lukisan tersebut kemungkinan besar menggambarkan kapal dari tempat yang sekarang disebut Indonesia. Lukisan  mengisyaratkan bahwa mungkin telah terjadi "kekerasan fisik" antara masyarakat adat dan pengunjung dari jauh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 2 Mei 2023 di jurnal Historical Archaeology, para arkeolog mengidentifikasi kapal-kapal itu sebagai kapal perang dari kepulauan Maluku. Sebuah kepulauan di lepas pantai timur Indonesia yang terletak tepat di utara Australia.

"Hanya dua kapal ini yang tiba-tiba menambahkan dimensi lain ke lingkup interaksi Australia utara - bahwa Australia bukan hanya semacam tanah yang berdiri sendiri, di antah berantah dan terputus selama 65.000 tahun dari tempat lain," tulis co  penulis Daryl Wesley, seorang arkeolog dan dosen senior di Universitas Flinders, mengatakan kepada ABC News Australia.

Sudah diketahui bahwa orang Maluku memiliki kontak dengan orang Aborigin di Australia. Namun tidak seperti seni cadas Aborigin lainnya yang menggambarkan kapal-kapal yang datang dari Maluku, termasuk perahu Macassan (perahu layar yang berasal dari Indonesia), lukisan-lukisan ini memiliki ciri-ciri seperti perang. Juga  memperlihatkan bendera segitiga, panji-panji, dan hiasan haluan yang menunjukkan status bela diri.

"Mereka adalah kapal perang, dihiasi dengan semua panji dan bendera ini dan elemen lain yang benar-benar membedakan mereka dari kapal dagang atau penangkap ikan biasa," kata Wesley. "Itu sangat berbeda dengan pemahaman kami tentang semua kapal Makassar lainnya yang ada dalam seni cadas dan di Arnhem Land [di Australia utara]."

Karena tingkat detail lukisan, para peneliti berpikir bahwa orang Aborigin yang menciptakan seni cadas memiliki  pengetahuan yang mendalam tentang kapal melalui pengamatan yang lama atau dari dekat atau dari benar-benar menjelajahinya.

Menurut para ahli, keberadaan seni cadas kapal perang menyiratkan contoh kekerasan fisik atau setidaknya proyeksi kekuasaan dari masyarakat Maluku terhadap penduduk asli Australia. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui tujuan pasti seni cadas.

"Motif-motif ini mendukung gagasan yang ada bahwa pelayaran sporadis atau tidak disengaja dari Indonesia ke garis pantai Australia terjadi sebelum atau bersamaan dengan kunjungan memancing teripang  reguler," kata penulis utama Mick de Ruyter, seorang arkeolog maritim dan profesor di Universitas Flinders dalam pernyataan.
 

 

Penyimpangan Signifikan

Beberapa contoh penduduk pulau Indonesia yang paling awal tercatat berlayar ke pantai utara Australia terjadi pada pertengahan abad ke-17.

“Dengan asumsi orang Maluku membawa kapal mereka ke Australia, kehadiran kapal perang ini di Australia akan mendukung penyimpangan yang signifikan dari narasi yang diterima tentang penangkapan ikan dan perdagangan pesisir Makassar dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kontak antara kedua kelompok, “ kat co  penulis studi Wendy van Duivenvoorde, seorang profesor arkeologi kelautan di Universitas Flinders dalam pernyataan itu.

Paul Tacon, seorang profesor terkemuka di Pusat Penelitian Sosial Budaya Universitas Griffith di Australia yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan karya seni tersebut menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana orang Aborigin merekam pertemuan mereka dengan pengunjung asing.

“Penelitian yang teliti ini secara meyakinkan menunjukkan bukti adanya kontak antara orang Aborigin di Arnhem Land, Australia, dan pelaut dari Kepulauan Maluku ratusan tahun lalu,” katanya kepada Live Science melalui email Rabu 14 Juni 2023.

Sebelumnya, perahu Makassar telah diidentifikasi dalam seni cadas Arnhem Land, dengan penanggalan tertua antara akhir 1500-an dan awal 1600-an dan sangat detail. (*)