Perdana sejak Pandemi Covid-19, 28 Turis Asal Singapura Berkunjung ke Batam

Rabu, 23 Februari 2022 22:53 WIB

Penulis:Pratiwi

turis.jpg
Menyambut turis perdana, Rabu (23/2/2022).

 

BATAM (sijori.id) - Rabu 23 Februari 2022, 28 turis asal Singapura berkunjung ke Batam.

Ini ialah kunjungan pertama sejak wabah Covid-19 melanda.

Kedatangan mereka disambut Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan segenap pejabat Pemprov kepri dan Pemko Batam.

Mereka bertolak dari pelabuhan Tanah Merah Singapura, dan merapat di Terminal Feri Nongsapura, Pulau Batam.

Mereka menjalani prosedur protokol kesehatan yang ketat.  Mulai dari cek suhu badan, melakukan test PCR Swab, pengambilan blue pass, check-in  aplikasi peduli lindungi melalui QR code hingga akhirnya wisatawan langsung melakukan isolasi mandiri masih di kawasan Nongsa Sensation.

Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad mengatakan, "Alhamdulillah usaha kita bersama selama kurang lebih 2 tahunan ini membuahkan hasil. Welcome to Kepulauan Riau, " kata Gubernur Ansar saat menyambut langsung tibanya  para wisatawan di Nongsa Sensation.

Kedatangan turis perdana ke Kota Batam Provinsi Kepri, tidak lain hasil dari kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam skema travel bubble antara Batam, Bintan dan Singapura (BBS).

Terkait dengan kunjungan perdana kali ini, diakui Gubernur Ansar, hal tersebut dikarenakan pihak Singapura masih membatasi warganya yang akan bepergian guna melakukan kunjungan wisata ke luar negeri.

Meski demikian lanjut Ansar, Pemprov akan  terus berusaha  agar setiap harinya ada kunjungan wisatawan yang masuk minimal 50 orang perhari.  Sehingga dalam sepekannya, masuk sebanyak 350 orang wisatawan  melalui  pintu kedatangan di Nongsa Sensation Batam dan 350 dipintu kedatangan  Lagoi  Bintan.  

"Hari Jum'at besok, kita  akan kembali kedatangan  wistawan dari Singapura sebanyak  51 orang, yang langsung masuk menuju kawasan wisata Lagoi Bintan," kata Ansar.

Sedang untuk kunjungan sebaliknya, yakni warga negara Indonesia yang akan ke Singapura, masih sebatas lewat perjalan udara melalui Bandara Internasional Soekarno Hata. Sedang untuk sekema  vactinated travel line (VTL) atau jalur vaksinasi lengkap lewat jalur laut masih belum dibuka.

Kita berharap, kunjungan wisatawan yang masuk ke Kepri, akan mengembalikan bergairahnya kembali sektor pariwisata. Mengingat,  sejauh ini perekonomian Kepri terus bergerak pasca pandemi.  Namun belum dengan sektor pariwisatanya,  jelas Gubernur Ansar. (*)