PT INKA Mengirim Gerbong Datar ke Selandia Baru

Selasa, 25 Juli 2023 19:25 WIB

Penulis:Pratiwi

Untitled-1.jpg
Pengiriman gerbong datar dengan menggunakan truk trailer

 

JAKARTA (sijori.id) - PT Industri Kereta Api (INKA) kembali mengirimkan flatcar (gerbong datar) pesanan dari Selandia Baru awal pekan ini. Pada Februari 2023, INKA juga telah mengirimkan batch pertama gerbong datar ke Negeri Kiwi sebanyak 133 unit.

Sebagai informasi, total pesanan Selandia Baru ke PT INKA sejumlah 262 unit gerbong datar. Pengiriman dilakukan secara bertahap dengan menggunakan truk trailer. Setiap truk trailer berisikan dua unit gerbong datar yang ditumpuk lalu ditutup dengan terpal guna menghindari dari terpaan cuaca.

Dari Madiun gerbong dibawa melalui jalur darat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Setelah itu gerbong-gerbong tersebut akan dikapalkan menuju negara tujuan. Gerbong yang dikirim oleh PT INKA tersebut merupakan unit pesanan dari perusahaan kereta api KiwiRail.

Sebelum pengiriman batch pertama dan pengiriman saat ini, akhir tahun 2021 INKA telah mengirimkan gerbong sejenis yang merupakan prototype untuk dilakukan uji coba dinamis di Selandia Baru. Uji coba dinamis tersebut telah selesai dilaksanakan pada tahun 2022

Spesifikasi umum dari gerbong bertipe container flat top (CFT) wagon ini dibagi menjadi tiga tipe yakni ukuran 40 ft, 50 ft, dan 60 ft. Setiap unit gerbong ini memiliki berat kosong sekitar 15,2 - 17,1ton dengan maksimum daya angkut sekitar 62,9 ton, dilansir dari website PT INKA.

Unit gerbong datar yang dipesan KiwiRail rencananya digunakan untuk peremajaan armada perkeretaapian disana. Fungsinya yaitu sebagai gerbong pengangkut kayu.

 

Bukan Ekspor Pertama

Pengiriman unit gerbong datar ke Selandia Baru bukan pengalaman pertama produsen kereta api tersebut dalam bidang ekspor. Sebelumnya, INKA telah mengirim bermacam-macam hasil produksi sarana perkeretaapian ke luar negeri. Sarana yang dikirim bervariasi mulai dari gerbong barang, kereta penumpang, sarana berpenggerak (Kereta Rel Diesel), hingga lokomotif diesel hidrolik.

Pada tahun 2020 lalu, PT INKA mengirimkan puluhan unit sarana Kereta Rel Diesel ke Filipina. Disusul dengan pengiriman 3 trainset kereta lengkap beserta dengan lokomotif diesel penariknya.

INKA juga menjadi produsen kereta penumpang yang dioperasikan di Bangladesh. Tercatat ratusan kereta penumpang buatan INKA dioperasikan di negara tersebut. Lebih lanjut, PT INKA telah melakukan ekspor 25 unit gerbong barang dan 224 blizzard center sills ke Bradken Rail, Australia pada tahun 2004.  (*)

Tags:Inka