Rasmus Hojlund Gabung Manchester United, Bergaji Rp96 Miliar per Tahun

Senin, 07 Agustus 2023 16:56 WIB

Penulis:Pratiwi

1_Manchester-United-v-RC-Lens-Pre-Season-Friendly.jpg
Rasmus Hojlund pemain baru Manchester United

 

 

(sijori.id) - Manchester United resmi memperkenalkan Rasmus Hojlund pada 5 Agustus 2023 waktu setempat.  Pemain asal Denmark itu dibeli dari Atalanta senilai 72 juta poundsterling atau kisaran Rp1,4 triliun (asumsi kurs Rp19.316 per satu pound)  termasuk bonus. .

Melansir ESPN, Senin 7 Agustus 2023, Hojlund yang masih berusia 20 tahun telah menandatangani kontrak bersama Manchester United selama 5 tahun. Selain itu, gaji yang diperoleh naik 8 kali lipat dibanding klub lamanya Atalanta.

Diketahui Holjund di Manchester United mendapatkan gaji sebesar 5 juta pounds/Rp96 miliar per tahun. Angka tersebut meningkat signifikan, pasalnya pemain kebangsaan Denmark di klub sebelumnya hanya menerima upah 600 ribu pounds/Rp 11 milar per tahun.

 

Alasan Rekrut Hojlund

Bisa dibilang pembelian Hojlund dengan nominal fantastis itu sangat mengejutkan banyak pihak, lantaran usia pemain yang masih muda dan minim jam terbang.

Namun demikian, pelatih kepala Manchester United Eric Ten Hag mengatakan jika pemain berusia 20 tahun itu sangat dibutuhkan timnya dan memiliki banyak potensi..

"Dia benar-benar seorang penyerang, sangat langsung ke gawang," kata Ten Hag dikutip dari laman resmi klub.

"Saya pikir dia memiliki potensi yang sangat besar dan sekarang terserah dia untuk mengeksplorasi itu dan kami akan mendukungnya - semua pelatih," lanjutnya.

Pelatih asal Belanda itu juga mengatakan jika karakter bermain Hojlund sangat cocok diduetkan dengan Marcus Rashford. Kendati begitu, dirinya juga harus butuh waktu untuk beradaptasi dan paling penting harus membuktikannya.

"Saya yakin seluruh tim sedang menunggu tipe seperti dia dan mereka akan berintegrasi dan di ruang ganti atau di lapangan mereka akan membantunya. Tapi seperti yang saya katakan, akhirnya sang pemain, dia harus membuktikannya," terang Ten Hag.

 

Profil Hojlund

Hojlund lahir pada 4 Februari 2003 dan memulai karier profesional sepak bola di bersama Kopenhagen. Ketika itu dirinya melakukan debut pada usia 17 tahun pada tahun 2020. Dua tahun kemudian, dia pindah ke klub Austria Sturm Graz.

Anak dari Anders Hojlund yang notabene mantan pemain sepak bola Denmark, menghabiskan enam bulan di Bundesliga Austria setelah gabung dengan Sturm pada Januari 2022. Dia berhasil mencetak sembilan gol dalam 17 pertandingan.

Setelah itu, pada 2022, Hojlund berhasil pindah ke Atalanta dengan harga yang dilaporkan sebesar 15 juta poundsterling. Angka tersebut meningkat 10 kali lipat dari nilai transfer ketika dia berpindah dari Sturm Graz enam bulan sebelumnya.

Sementara itu, untuk karir internasional, ia debut bersama timnas Denmark pada tahun 2022. Hojlund telah mencetak enam gol dalam enam pertandingan kualifikasi Euro 2024. Penampilannya dalam kualifikasi tersebut telah menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang menjanjikan. (*)