Rifki Ahmad Darmawan , Alumni SMAN 1 Bintan Utara, Diwisuda sebagai Taruna AAL

Minggu, 31 Oktober 2021 16:43 WIB

Penulis:Pratiwi

Editor:Pratiwi

taruna-aal-2.jpg


MAGELANG (sijori.id) - Rifki Ahmad Darmawan. Ia lahir di Tanjung Pinang, 19 April 2002. TK, SD, SMP dan SMA ia sekolah di Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan.

Adakah pembaca yang mengenalnya?

Ia menjadi salah satu dari 982 Calon Prajurit dan Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akpol tahun 2021.

Ia diwisuda bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 yang mengusung tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, yang digelar di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang pada Kamis 28 Oktober 2021 lalu.

Ia menjadi Taruna AAL Angkatan ke-70

Rifki ialah SMAN 1 Bintan Utara, anak pasangan Koptu Lis Chaerul (47) dan Yuniar Hasimah (41).

Rifki yang mengenakan PDU 1 Taruna Akademi TNI tampak bersujud di kaki Ibu Yuniar, mencium tangannya, setelah itu berganti kepada Bapaknya, Kopral Chaerul. Ia juga bersimpuh dan mencium tangan orang tua yang membesarkannya sambil berlinang air mata bahagia.

Kopral Chaerul, Istri dan keluarga besarnya tentu berharap besar, moment bahagia menyaksikan Rifki diwisuda Phabatar oleh Panglima TNI dan Kapolri ini bisa berlanjut. Ia bisa menjalani pendidikan tahap 2 di Mencandra dan pendidikan kematraan di Kampus AAL Surabaya, hingga nantinya menyaksikan ia di wisuda dan dilantik menjadi Letnan Dua oleh Presiden RI 4 tahun mendatang.

Chaerul menuturkan, bahwa ia selalu teringat bait Gurindam 12 Pasal yang ketujuh “Apabila anak tidak dilatih, Jika besar bapanya letih”.

Menurutnya sair itu memiliki makna mendalam dan menjadi motivasi untuk mendidik, melatih dan mengarahkan anak sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki seorang anak.

“Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya lebih baik dari dirinya, dengan penuh kasih sayang, diasuh, dibimbing, dididik, didoakan yang terbaik untuk kemudian dititipkan dalam bimbingan yang lebih baik," terangnya.
 

Koptu Chaerul juga mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan yang diraih putra sulungnya tersebut.

“Tidak sia-sia saya dan ibunya mendidik Rifki. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa selalu mengabulkan doa-doa kami. Semoga selalu di berikan kesuksesan dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar Rifki setelah menjadi seorang Taruna, bisa lebih membanggakan lagi, belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh agar menjadi taruna yang tanggon, tanggap dan trengginas, berguna bagi agama, bangsa dan negara serta  tetap rendah hati.

“Nak... Kamu adalah kado paling istimewa buat Ayah Ibumu,” ucapnya.

Kopral Chaerul berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Ia berdinas di Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban.


Menurut Riski, anak sulung dari dua bersaudara ini, ketika SMA ada beberapa kejuaraan tingkat provinsi dan internasional yang ia ikuti diantaranya peserta renang laut Koarmada 1 tahun 2016, 02SN Renang SMA tingkat Provinsi 2017 (Juara 3), O2SN Renang SMA tingkat Provinsi 2018 (Juara 3), International Bintan Triathlon tahun 2017 kategori sprint distance (Juara 1), International Bintan Triathlon tahun 2018 kategori sprint distance (Juara 1), Olimpic distance (Juara 1), International Bintan Triathlon tahun 2019 kategori sprint distance (Juara 2), Olimpic distance (Juara 2), peserta Bintan Ironman tahun 2019 dan peserta tour de Bintan 2019.

ia juga pernah menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Bintan tahun 2019.