Stasiun Lempuyangan ialah Stasiun Tertua di Yogyakarta

Senin, 24 Januari 2022 22:28 WIB

Penulis:Pratiwi

stasiun lempuyangan.png
Suasana di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta.

YOGYAKARTA (sijori.id) – Pembaca setia, Stasiun tertua di Yogyakarta ialah Stasiun Lempuyangan. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api pertama dan tertua di Yogyakarta dan termasuk sebagai salah satu cagar budaya yang ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Berjarak sekitar 1 km di sebelah timur Stasiun Tugu Yogyakarta, stasiun ini melayani rute kereta api kelas Ekonomi. Selain itu, Stasiun Lempuyangan juga melayani rute KRL Yogyakarta - Solo.

 Walaupun melayani rute kereta kelas Ekonomi, fasilitas di stasiun Lempuyangan sangat mumpuni. Terdapat ruang tunggu yang lebih luas, parkir motor dan mobil yang ditambah, masjid, toilet, klinik kesehatan, kafe, minimarket atau toko oleh-oleh. Demikian catatan jogjaja.com

Stasiun Lempuyangan termasuk dalam stasiun kereta api kelas besar tipe B. Stasiun ini terletak di Kelurahan Bausasran, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta. Nama stasiun ini berasal dari nama kampung yang terletak di selatan stasiun, yaitu Kampung Tegal Lempuyangan.

 Stasiun Lempuyangan diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh perusahaan kereta apai swasta Hindia-Belanda, sebagai titik akhir jalur kereta api lintas Semarang-Solo-Yogyakarta. Ada yang unik dari stasiun ini, yaitu memiliki bel kedatangan dengan instrumental lagu karya Ismail Marzuki berjudul ‘Sepasang Mata Bola’. Lagu ini mengisahkan perjuangan perwira melakukan perjalanan kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta. (*)