Tips Mengatur Gaji Rendah

Sabtu, 19 Maret 2022 03:42 WIB

Penulis:Pratiwi

rupiah.jpg
ilustrasi | sijori.id

 

JAKARTA (sijori.id) - Jika Anda khawatir tentang bagaimana cara bertahan hidup dengan anggaran pendapatan yang rendah, maka menabung mungkin menjadi salah satu prioritas terakhir Anda. Akan tetapi, jika Anda fokus pada tujuan seperti menabung untuk rumah atau menginginkan strategi pengelolaan uang yang efektif untuk keluarga berpenghasilan rendah, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

   

Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama, Anda perlu melihat gambaran besar pendapatan dan pengeluaran Anda serta semua uang yang Anda belanjakan. Tidak peduli berapa banyak atau sedikit penghasilan Anda, hal itu tidak menjamin kesejahteraan finansial.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencatat semua pengeluaran Anda, baik di atas kertas atau di aplikasi pelacak pengeluaran yang mudah digunakan. Setelah dilakukan selama beberapa minggu, Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang telah Anda habiskan dan berapa banyak yang bisa Anda hemat.
 

Pikirkan Menabung Sebagai Membayar Diri Sendiri

Anda mungkin tidak pernah berpikir seperti ini, tapi sebagian besar pendapatan kita ternyata dihabiskan untuk membayar orang lain.

Menyimpan uang seperti membayar diri sendiri karena uang tunai tetap di saku Anda dan bukan milik orang lain. Dana tersebut kemudian bisa Anda gunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda dan membantu keluarga saat dalam keadaan darurat keuangan. Oleh karena itu, putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda tabung setiap bulan lalu gunakan uang sisanya untuk membayar pengeluaran Anda yang lain.
 

Simpan Uang di Rekening Bank Berbeda

Ketika penghasilan Anda rendah, Anda ingin memastikan bahwa setiap uang yang Anda dapatkan diperhitungkan. Mengatur apa yang Anda peroleh ke dalam rekening tabungan yang berbeda membantu memastikan bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Manfaat lain dari melakukan ini adalah dapat membuat pengelolaan uang Anda lebih mudah, terutama jika Anda mengotomatiskan prosesnya.

 

Memaksimalkan Penghasilan Anda dengan Anggaran

Tips terakhir dan terpenting untuk menghemat uang bagi Anda yang memiliki pendapatan rendah adalah dengan memasukkan semuanya ke dalam anggaran. Anggaran sebetulnya adalah sebuah rencana tentang bagaimana Anda ingin membelanjakan uang Anda. Anggaran dapat membantu Anda menekan pengeluaran, fokus membayar diri sendiri terlebih dahulu, dan memutuskan bagaimana mengatur rekening bank Anda.  (*)