Transaksi Online Meningkat hingga 3 Kali Lipat

Jumat, 16 Desember 2022 06:49 WIB

Penulis:Pratiwi

undefined

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Berdasarkan data dari Midtrans, pada tahun 2022, transaksi online meningkat hingga 3 kali lipat lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial, Dea Deviana mengatakan kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun biasanya dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.

"Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” kata Dea seperti dikutip TrenAsia.com dari siaran pers yang diterima Kamis, 15 Desember 2022.

Berdasar data BPS tahun 2021, data menunjukkan bahwa penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Selain itu, momen Harbolnas dan festival belanja online serupa sering menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.

Perlu diketahui, sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online. 
 

Oleh sebab itu, Dea menambahkan Midtrans akan senantiasa berkomitmen untuk menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan layanan payment gateway yang terpercaya untuk kebutuhan usaha.

"Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya,” tambah Dea.

Selain event Harbolnas, tren belanja online rupanya ikut naik di saat gajian. Berdasar data Midtrans, Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Hal ini menunjukan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut.

 

Metode Pembayaran Digital jadi Primadona

Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi semakin menjadi pilihan pelanggan. Adapun Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.

Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%.

"Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway," katanya.

Sebagai informasi, payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha.

Sebagai penyelenggara payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran yang komprehensif, tetapi juga terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” tambah Dea. (*)