Yakin Tahun Depan Industri Otomotif Bertumbuh

Jumat, 16 Desember 2022 08:20 WIB

Penulis:Pratiwi

Tips-Hindari-Kaca-Mobil-Berjamur---3-suzuki.jpg
ilustrasi

 

 

JAKARTA (sijori.id) - Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, industri otomotif nasional akan terus bertumbuh hingga tahun depan.

"Kami memperkirakan penjualan 4W (roda empat) di tahun depan (FY23F) mencapai 1 juta unit," kutip riset tersebut.

Besaran proyeksi tersebut cenerung konservatif dan belum mencapai angka level sebelum pandemi COVID-19. Hal ini dinilai masih adanya tantangan dari kenaikan suku bunga, mengingat 70% penjualan otomotif nasional menggunakan kredit.

Namun demikian, industri otomotif optimistis dan akan cenderung stabil di tahun depan. Salah satunya didorong oleh inovasi produk termasuk EV.

"Kami melihat pemerintah semakin agresif untuk mendorong masyarakat menggunakan EV, melalui beberapa peraturan dan subsidi yang diberikan," kutipnya.

Apalagi, ada aturan termasuk INPRES 7 tahun 2022 untuk mengimplementasikan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas pemerintah, subsidi biaya konversi motor listrik, keringanan pajak untuk kendaraan listrik. Serta, rencana subsidi pembelian kendaraan motor listrik sebesar Rp6,5 juta per unit.

Penjualan mobil hingga November 2022 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Di mana, penjualan mobil naik 19,2% mencapai 942.499 unit. Bila melihat target penjualan, Gaikindo mematok sekira 960.000 ribu unit terjual di pasar domestik pada 2022. Berarti, masih sekira 17.501 unit lagi untuk mencapai target.

(*)