10 Lokasi Menghabiskan Tahun di Yogya

Pratiwi - Sabtu, 31 Desember 2022 20:15 WIB
Pengunjung menikmati suasana malam di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. undefined

YOGYA (sijori.id) - Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk merayakan malam tahun baru.

1. Titik Nol KM

Titik Nol KM Yogyakarta menjadi salah satu tempat wista untuk merayakan malam tahun baru yang populer. Kawasan Titik Nol Km berada di simpang 4 Monumen Serangan Umum 1 Maret dan tidak jauh dari Jalan Malioboro.

Di kawasan Titik Nol Km ini kerap diadakan pesta kembang api untuk menyambut Tahun Baru. Wisatawan biasanya duduk bersantai di tepi jalan atau di kawasan pedestrian kawasan ini. Para wisatawan juga boleh membawa cemilan sendiri, sehingga dapat menikmati pesta kembang api tanpa takut kelaparan. Namun, pastikan buang sampah cemilan pada tempatnya

2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro menjadi salah satu tempat wisata Yogyakarta yang populer. Kawasan wisata ini bahkan tak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Biasanya pada perayaan malam Tahun Baru, sepanjang Jalan Malioboro akan dipenuhi pesta kembang api. Tidak heran sepanjang jalanan ini juga akan dipadati wisatawan, baik lokal atau dari berbagai daerah.


3. Alun-alun Selatan Yogyakarta

Alun-alun Selatan Yogyakarta dapat menjadi tempat wisata untuk merayakan Tahun Baru 2023 selanjutnya.

Momen merayakan tahun baru di sini juga dapat dinikmati dengan membeli makanan dari pedagang yang menjajakan dagangannya di tepi jalan alun-alun.

Harga makanan dijual pun tak perlu membuat pengunjung merogoh kocek yang dalam. Selain itu, wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman keliling alun-alun menggunakan odong-odong atau becak hias. Tidak lupa pesta kembang api yang meriah, jelang pergantian tahun 2023.

4. Bukit Bintang Gunungkidul

Perayaan momen Tahun Baru 2023 juga dapat dinikmati dari Bukit Bintang. Tempat wisata ini terletak di Srimulyo, Patuk, Gunugkidul.

Ada banyak tempat nongkrong yang tersebar di kawasan tempat wisata ini. Wisatawan dapat bercengkrama bersama orang-orang terdekat, sambil menikmati aneka camilan atau semangkuk mi kuah.

Dari ketinggian Bukit Bintang ini, wisatawan dapat menyaksikan gemerlap lampu Kota Yogyakarta dan pesta kembang api.

5. Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri menjadi salah satu tujaun untuk merayakan malam Tahun Baru 2023. Terlebih jika tidak terlalu senang dengan keramaian.

Wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Yogyakarta dan gemerlap pesta kembang api dari tempat wisata ini. Tempat wisata ini juga menyediakan tempat untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Wisatawan dapat mendirikan tenda di tempat ini, sambil barbeque bersama orang-orang terdekat. Saat pagi tiba, wisatawan akan disambut matahari terbit pertama di tahun 2023, bersama dengan kabut dan panorama hutan pinus yang cantik.

6. Tugu Pal Putih

Salah satu ikon tempat wisata Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Tugu Pal Putih. Tugu Yogyakarta terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Gowongan, Jetis.
Tugu Paal Putih Yogyakarta

Banyak wisatawan tertarik untuk merayakan momen Tahun Baru 2023 di Tugu. Tugu Yogyakarta jadi salah satu tempat yang pas untuk menyambut momen Tahun Baru 2023 karena terdapat pesta kembang api.


7. Bukit Paralayang Watu

Tak jauh dari Pantaiparangtritis Jogja kini ada tempat wisata yang seru untuk memriahkan pergantian malam tahun baru yaitu Bukit Paralayang Watugupit Jogja merupakan sebuah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat pergantian malam tahun baru.

8. Bukit Klangon Merapi

Dari ujung selatan kota jogja, kini langsung menuju ke ujung utara dari kota jogja yaitu Bukit Klangon Merapi merupakan tempat wisata yang seru untuk memriahkan pergantian malam tahun baru di Jogja.

Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat pergantian malam tahun baru.

Tempat ini adalah sebuah bukit yang berada di kaki gunung merapi. Wisatawan ang menikmati kemeriahan pergantian malam tahun baru tidak hanya wisatawan dari daerah jogja saja melainkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Tentunya menikmati malam tahun baru di tempat ini sangat unik bukan? karena berada di atas bukit dengan view pantai parangtritis yang ditemani oleh udara segar khas pegunungan. Ada yang beda dari tempat wisata lainnya yaitu wisatawan dapat bermalam dengan camping di kawasan ini sembari menikmati keindahan alam serta kota jogja.

9. Taman Paseban Bantul

Taman Paseban Bantul yang merupakan tempat wisata seru untuk memriahkan pergantian malam tahun baru di Jogja.

Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat pergantian malam tahun baru. Taman Paseban Bantul adalah sebuah lapangan yang berada di depan antor bupati bantul.

Wisatawan yang menikmati kemeriahan pergantian malam tahun baru tidak hanya wisatawan dari daerah jogja saja, namun juga wisatawan luar daerah. Pastinya tempat ini memberikan cerita liburan yang berbeda.


10. Tebing Breksi

Tempat Tahun Baru Di Jogja Tebing Breksi. Tempat wisata ini masih tergolong baru dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Jogja, yaitu mulai diresmikan pada tahun 2015. Namun ternyata menjadi salah satu destinasi di Kabupaten Sleman yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Awal sejarahnya Tebing Breksi adalah bekas tempat pertambangan batu alam, namun aktivitasnya dihentikan pada tahun 2014 karena termasuk wilayah konservasi Gunung Api Purba Nglanggeran.

Semenjak areal pertambangan dihentikan, pemerintah bersama masyarakat menyulap tebing ini menjadi area wisata dimana tebing-tebing yang ada di Breksi diukir indah dengan ornamen khas jawa seperti wayang dan naga jawa.

Selain itu juga lokasi Tebing Breksi ini mempunyai pemandangan sangat indah karena diatas bukit dengan latar kota Jogja, sehingga banyak orang yang ingin mengambil foto di tempat wisata ini.

Saat tahun baru, Tebing Breksi menjadi salah satu tempat tahun baru di Jogja paling asyik karena bisa melihat suasana kembang api di berbagai sudut di kota Jogja, serta di Tebing Breksinya sendiri juga diadakan berbagai event dan pesta kembang api. (*)

Tags yogyaBagikan

RELATED NEWS