11 Ras Anjing Terbesar di Dunia

Pratiwi - Jumat, 03 Februari 2023 22:23 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Peternak anjing profesional menciptakan sistem pengukuran standar, yang mendefinisikan anjing besar dengan berat setidaknya 22,6 kilogram dan memiliki tinggi minimum sekitar 61 sentimeter. Sementara trah raksasa memiliki berat minimal 45,3 kilogram,dan seperti yang dapat Anda bayangkan, proporsinya bahkan lebih besar.

Banyak ras raksasa dianggap sebagai anjing pekerja, yang berarti mereka dibiakkan untuk tujuan tertentu seperti menggembala, berburu, atau melindungi. Meski beberapa dari mereka bisa sangat sulit untuk ditangani, banyak seperti Big Pyrenees dikenal sebagai raksasa yang lembut.

Mari kita lihat beberapa ras anjing terbesar di dunia menurut American Kennel Club (AKC). Sebelas terdaftar dalam urutan abjad, ditambah beberapa pemegang Rekor Dunia Guinness untuk anjing tertinggi di dunia

Anatolian Shepherd atau Gembala Anatolia

Anjing pekerja yang cerdas dan setia dengan berat rata-rata 68 kilogram ini menawarkan perlindungan bagi ternak. Meskipun penampilan mereka bisa mengintimidasi, mereka cukup pendiam dan lebih suka mengancam daripada menyerang predator. Gembala Anatolia masih populer sebagai anjing penjaga di peternakan saat ini.

Bernese Mountain Dog atau Anjing Gunung Bernese

Raksasa dengan sifat lembut ini adalah salah satu ras raksasa yang lebih populer. Dibesarkan di Swiss sebagai anjing pekerja, Bernese Mountain Dogs berkembang dalam cuaca dingin dan digunakan di peternakan untuk pengangkutan seperti menarik kereta atau gerobak. Mereka baik hati dan bisa menjadi anjing dan sahabat keluarga yang luar biasa.

Black Russian Terrier

Raksasa ini mengesankan dan cerdas. Black Russian Terrier, alias anjing Stalin dikembangkan oleh pemerintah Soviet pada tahun 1930-an sebagai anjing penjaga dan polisi yang kuat. Sampai hari ini mereka mempertahankan kualitas perlindungan tersebut dan sangat setia kepada keluarga mereka.

Bullmastiff

Ada beberapa mastiff yang semuanya masuk dalam kategori raksasa. Mewakili grup di sini adalah Bullmastiff. Mereka dikembangkan pada abad ke-19 untuk menjaga cagar alam Inggris dan perkebunan pedesaan. Mereka merespons pelatihan dengan baik tetapi bisa keras kepala. Jadi sosialisasi dan pelatihan dini adalah suatu keharusan.

Cane Corso

Berasal dari Sisilia di Italia selatan, Mastiff Italia ini menjadi sangat populer di Roma kuno. Kemudian, hampir menghilang selama Perang Dunia II. Setelah ditemukan kembali di sebuah desa terpencil di Italia pada tahun 1970-an, upaya bersama para pecinta trah membuat mereka bangkit kembali dan diperkenalkan kembali ke Amerika pada tahun 1980-an. Mereka cenderung waspada terhadap orang asing tetapi melindungi kelompoknya sendiri.

Great Pyrenees

Pyrenees Besar mudah dikenali dari mantel putihnya yang bengkak. Terlepas dari penampilannya, mantel yang tebal mudah dirawat karena tahan kotoran dan kusut. Trah ini memiliki ukuran yang mengesankan dan dikembangkan untuk bekerja bersama penggembala dan untuk melindungi ternak. Great Pyrenees dikenal sebagai raksasa yang lembut, tetapi sangat protektif dan akan melawan predator sampai mati.

Irish Wolfhound atau Anjing Serigala Irlandia

Wolfhound Irlandia ini adalah jenis anjing tertinggi yang diakui oleh AKC dan awalnya dibiakkan sebagai pemburu hewan besar. Meski nenek moyang mereka berasal dari zaman kuno, trah raksasa ini pertama kali mendapatkan popularitas dengan membantu mengendalikan populasi serigala di Irlandia. Pada tahun 1700-an, serigala Irlandia hampir diburu hingga punah yang pada gilirannya membahayakan anjing-anjing besar. Mereka akhirnya pulih kembali dan hari ini menjadi sahabat yang penuh kasih dan ramah keluarga.

Leonberger

Juga mahir menyusun, Leonberger memiliki surai kecil seperti singa. ANjing ini itu berasal dari Leonberg, Jerman, di mana Heinrich Essig mencoba menciptakan ras yang mirip singa, yang merupakan bagian dari lambang kota. Meskipun kemudian menjadi anjing pekerja, ia pertama kali dibiakkan sebagai anjing pendamping bangsawan Eropa. Leonberger jantan besar dapat memiliki berat antara 40,8 hingga 68 kilogram.

Newfoundland

Jika Anda orang yang mencari anjing besar, Newfoundland adalah pilihan yang sangat baik. Anjing pekerja yang kuat ini memiliki kaki berselaput dan lapisan luar anti air. Trah ini pertama kali dikembangkan untuk bekerja dengan nelayan Kanada yang menarik jaring ikan dari air sedingin es dan untuk penyelamatan air. Selain ukurannya yang sangat besar, Newfoundland adalah raksasa lembut yang bisa dilatih.

Saint Bernard

Pernah menjadi salah satu raksasa paling populer dan terkenal, ras Saint Bernard berasal dari Pegunungan Alpen Swiss. Meskipun menjadi salah satu ras anjing terbesar di dunia, ia gesit dan mahir dalam mencari dan menyelamatkan orang-orang yang tersesat di salju atau terkubur oleh longsoran salju.

Scottish Deerhound

Mirip dengan Irish Wolfhound, Scottish Deerhound adalah anjing kerajaan Skotlandia dan merupakan salah satu ras anjing tertinggi di dunia, dengan tinggi 76 hingga 81 sentimeter. Pemburu rusa ini dibiakkan untuk berlari dengan cekatan. Sensitif dan sangat terhubung dengan keluarga, ia bisa menderita kecemasan akan perpisahan, jadi ras anjing raksasa ini mungkin yang terbaik untuk hewan rumahan.


Guinness World Record Great Danes

Ketika berbicara tentang pemegang Guinness World Record untuk anjing tertinggi, anjing Great Danes bernama Zeus adalah pemiliknya. Great Dane berusia 2 tahun ini tinggal di Bedford, Texas. Zeus telah memegang rekor anjing hidup tertinggi dengan tinggi 1,046 meter sejak Maret 2022.

Tetapi ada juga anjing tertinggi lain yang juga merupakan Great Dane dan juga bernama Zeus. Tetapi berasal dari Otsego, Michigan. Dia sedikit lebih tinggi dengan 1,12 meter. Tetapi anjing ini meninggal pada September 2014. (*)

Tags anjingBagikan

RELATED NEWS