20 Tahun Dicuri, Buku Catatan Charles Darwin Kembali

Pratiwi - Jumat, 08 April 2022 23:49 WIB
null

LONDON (sijori.id) - 20 tahun dicuri secara misterius, buku catatan ikonik Charles Darwin telah dikembalikan.

Isi buku catatan itu termasuk coretan pertama "pohon kehidupan" yang ia gambarkan beberapa dekade sebelum merumuskan teorinya tentang evolusi melalui seleksi alam.

Buku catatan tersebut adalah bagian dari Arsip Darwin di Perpustakaan Universitas Cambridge di Inggris, yang berisi jurnal, manuskrip, dan lebih dari 15.000 surat yang ditulis oleh Darwin.

Jurnal-jurnal itu awalnya disimpan di kamar khusus dengan keamanan tinggi, tetapi dikeluarkan pada November 2000 untuk pemotretan. Petugas perpustakaan beranggapan buku catatan tersebut telah dikembalikan ke tempat yang aman setelah pemotretan. Tetapi selama audit rutin pada Januari 2001, petugas perpustakaan menemukan bahwa buku catatan tersebut hilang.

Staf perpustakaan awalnya curiga bahwa buku catatan itu salah tempat, tetapi pada tahun 2020 staf melakukan pencarian baru untuk dokumen yang terbesar dalam sejarah perpustakaan tidak berhasil menemukannya . Perpustakaan menyimpulkan bahwa buku catatan itu kemungkinan besar telah dicuri.
Tiba-tiba muncul

Tapi sekarang, mereka akhirnya muncul. Pustakawan menemukan buku catatan itu pada 9 Maret 2022 di luar pintu kantor lantai empat di gedung 17 lantai. Jurnal-jurnal itu terbungkus dalam bungkus plastik dan ditinggalkan dalam sebuah kotak di dalam tas berwarna merah muda cerah. Dalam bingkisan itu juga ada catatan bertuliskan " Selamat Paskah X untuk Pustakawan,"

"Rasa lega saya saat kembalinya dokumen ini dan hampir tidak mungkin diungkapkan secara memadai," kata Jessica Gardner, seorang pustakawan di Perpustakaan Universitas Cambridge dikutip Live Science Kamis 7 April 2022. "Saya sedih mengetahui mereka hilang dan kegembiraan saya saat mereka kembali sangat besar."

Buku catatan bersampul kulit berada dalam "kondisi yang sangat baik," dan semua halaman juga tidak ada yang hilang . Para ahli berpendapat bahwa buku catatan tersebut tidak diubah dan analisis khusus terhadap tinta telah mengkonfirmasi bahwa buku tersebut hampir pasti asli.

Buku catatan itu adalah bagian dari "Buku Catatan Transmutasi," kumpulan jurnal di mana Darwin pertama kali memaparkan gagasannya tentang bagaimana hewan bertransmutasi, atau berubah, dari waktu ke waktu.

Editor: Pratiwi
Tags darwinBagikan

RELATED NEWS