3 Alasan dan Manfaat Mengapa Anda Harus Istirahat dari Media Sosial

Pratiwi - Selasa, 07 Maret 2023 21:25 WIB
null

(sijori.id) - Media sosial terkadang menjadi sangat menguras tenaga dan membuat Anda ketagihan, baik secara fisik atau psikologis yang mungkin membuat Anda jadi terpikir untuk istirahat dari media sosial.

Berikut Alasan dan Manfaat Mengapa Anda Harus Istirahat dari Media Sosial

1. Menjalani hidup dengan penuh kesadaran

Banyak orang saat ini bergantung pada media sosial untuk mencari hiburan atau menghilangkan kesepian. Namun ternyata hal ini justru akan membuat kesehatan mental jadi lebih terganggu. Oleh karena itu, ada baiknya jika melakukan istirahat dari media sosial untuk mengurangi stres dan kecemasan.

2. Melepaskan stres

Media sosial ternyata juga dapat memicu stres. Media sosial dapat memicu sensasi FOMO ketinggalan berita bahkan takut pendapat atau postingan Anda tidak disukai atau justru mendapatkan bullying dari pengguna media sosial lain. Oleh karena itu, beristirahat dari media sosial menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi stres ini.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Seseorang yang terlalu banyak menggunakan media sosial memiliki fungsi otak seperti otak orang yang sedang kecanduan. Anda mungkin merasa senang ketika mendapatkan lebih banyak likes dari yang diharapkan. Perasaan senang inilah dipicu karena pelepasan dopamin.

Seseorang yang terlalu mengandalkan media sosial bergantung padanya untuk mendapatkan kebahagiaan. Hal ini akan mengurangi kemampuan untuk berpikir secara bebas dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau masalah pribadi.

Oleh karena itu, dengan berhenti atau istirahat menggunakan media sosial, otak akan jadi lebih sehat, mudah mengingat, dan jadi lebih kreatif. Berhenti menggunakan media sosial juga akan membantu diri Anda mengatur emosi, membantu membuat keputusan hidup yang lebih bijaksana dan lebih stabil. (*)

Tags media sosialBagikan

RELATED NEWS