3 Cara Menghentikan Gonggongan Anjing

Pratiwi - Senin, 06 Februari 2023 08:42 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Menggonggong memang sifat naluriah pada Anjing, namun dilihat dari sisi pemiliknya hal ini bisa menyebabkan suasana tidak nyaman di rumah Anda, komplain dari tetangga hingga masalah hukum.

Dilansir dari laman website all about psychology, berikut adalah 3 cara untuk menghentikan gonggongan anjing yang berlebihan:

1. Memberikan penguatan positif ketika anjing tenang dan tidak menggonggong
Memberikan penguatan positif bisa jadi adalah cara yang ampuh untuk menghentikan kebiasaan menggonggong anjing Anda. Pendekatan ini melibatkan perilaku yang diinginkan dan mengabaikan perilaku yang tidak diinginkan. Anda harus memberikan hubungan yang kuat dan positif ketika Anjing Anda tenang dan tidak menggonggong seperti mengelus dan memberi snack.

Kebalikannya, ketika anjing Anda menggonggong Anda dapat menunjukkan ekspresi "itu tidak baik" tepat ketika anjing Anda berhenti menggonggong beri reward seperti hadiah, pujian, dan perhatian. Anda harus konsisten memberikan penguatan positif ini kepada anjing Anda.

2. Melatih anjing untuk menggonggong sesuai perintah.

Karena menggonggong adalah salah satu bagian yang penting dari komunikasi anjing. Anda tidak bisa serta merta memberhentikan kebiasaan menggonggong ini. Namun, Anda dapat memberikan kesempatan anjing Anda untuk menggonggong sesuai perintah.

Tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya Anda dapat juga menggunakan penguatan positif yaitu memberikan hadiah, pujian, dan perhatian ketika Anjing melakukan perintah menggonggong.

3. Bekerja dengan pelatih anjing profesional

Pelatih anjing yang berpengalaman dan profesional dapat membantu Anda menentukan pendekatan terbaik untuk situasi Anda dan membimbing Anda melalui proses pelatihan. Meski membutuhkan biaya lebih, Anda dapat lebih menghemat waktu dan tenaga karena hasil pelatihan yang diberikan kepada anjing Anda berlangsung efektif. (*)

Tags anjingBagikan

RELATED NEWS