3 Destinasi Wisata di Desa Sendang

Pratiwi - Minggu, 27 Agustus 2023 21:40 WIB
Desa Sendang, Surganya Pecinta Wisata Air di Pacitan

PACITAN (sijori.id) - Salah satu destinasi wisata di Pacitan yang menarik minat wisatawan belakangan ini adalah desa wisata Sendang. Desa Sendang merupakan salah satu dari 12 Desa di Kecamatan Donorojo yang terletak sebelah selatan dari pusat ibu kota kecamatan berbatasan dengan samudra hindia.

Desa wisata ini terletak 29 kilometer dari pusat Kabupaten Pacitan. Butuh waktu tempuh sekitar dua jam untuk sampai ke desa ini. Namun, perjalanan Anda tidak akan sia-sia. Atas keindahannya desa ini masuk ke dalam 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia menurut Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

3 Destinasi Wisata di Desa Sendang

1. Pantai Klayar

Klayar adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Pacitan. Keunikan Pantai Klayar terletak pada semburan air yang unik dari tebing batuan karang. Fenomena ini terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur melalui lubang-lubang yang ada di permukaan.

Meski terkenal, harga tiket masuk Pantai Klayar masih tergolong terjangkau yaitu Rp5 ribu untuk weekday dan Rp10 ribu untuk weekend.

Pantai ini juga pernah menjadi inspirasi penciptaan lagi oleh penyanyi legendaris Didi Kempot. Lagu bernama Pantai Klayar ini dirilis tahun 2016 silam dan menjadi terkenal hingga dinyanyikan di kancah internasional.

2. Pantai Ngiroboyo

Meski tak seterkenal Pantai Klayar, pemandangan Pantai Ngiroboyo juga tak kalah indah. Pantai Ngiroboyo awalanya hanyalah tempat untuk menggembala sapi dan mencari rumput.

Akses menuju pantai ini juga terbatas, hanya ada jalan setapak. Hingga pada tahun 2007, masyarakat mulai memperbaiki infrastruktur hingga bisa dilewati kendaraan.

Hingga sekarang, Pantai Ngiroboyo menawarkan kenyamanan untuk pengunjungnya dengan melengkapi berbagai fasilitas seperti tempat parkir, warung, gazebo, tempat outbound, hingga spot foto.

3. Sungai Ngiroboyo

Bagi Anda yang ingin menyusuri sungai, Desa Sendang juga memiliki sungai indah yang akan memanjakan Anda. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sungai ini adalah susur sungai dan paddleboard atau lebih dikenal dengan Standup Paddleboarding (SUP)

Wahana susur sungai memakan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa paddle board adalah Rp50 ribu/jam. (*)

Tags pacitanBagikan

RELATED NEWS