3 Langkah Kemenhub Menurunkan Tarif Pesawat Terbang

Pratiwi - Senin, 22 Agustus 2022 10:43 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kementerian perhubungan secara intensif dan konsisten melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga tiket pesawat. Upaya tersebut, menurutnya supaya tidak menimbulkan inflasi yang tinggi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Dia pun mengungkapkan ada tiga upaya yang dilakukan,

Pertama, meminta kepada maskapai penerbangan untuk melakukan upaya efisiensi dan inovasi untuk mengelola harga tiket pesawat lebih terjangkau.

Kedua yaitu, melakukan upaya bersama antara pemda dan maskapai dan penumpang untuk memaksimalkan keterisian penumpang di waktu-waktu tertentu.

Ketiga, adalah usulan dari stakeholder menghilangkan atau menurunkan pajak pertambahan nilai (PPN) avtur menjadi 5 persen.

“Karena avtur mempengaruhi biaya operasional penerbangan sekitar 40 persen lebih. Terlebih untuk pesawat kecil seperti propeller yang melayani daerah-daerah pelosok. Kami akan mengusulkan kepada Kementerian Keuangan terkait hal ini. Kalau semua upaya ini bisa dilakukan, diharapkan dapat menstabilkan harga tiket antara 15-20 persen,” tutupnya. (*)

Tags tarif pesawatBagikan

RELATED NEWS