3 Penyebab Harga Mobil Diesel Lebih Mahal!

Minka - Sabtu, 02 Januari 2021 03:05 WIB
ilustrasi undefined

BATAM (sijori.id) - Tahun telah berganti, teknologi di dunia otomotif pun semakin berkembang. Saat ini pabrikan otomotif mulai rajin memproduksi mobil-mobil hybrid atau listrik yang ramah lingkungan.

Namun tak berarti mobil-mobol konvensional akan punah, termasuk mobil bermesin diesel penenggak solar. Sebab mobil diesel punya fans sendiri. Setidaknya ada tiga alasan kenapa mobil diesel digemari meski harganya lebih mahal dari mobil bensin.

Apa saja?

1. Mesin diesel lebih tangguh dan kuat

Salah satu rahasia kenapa Isuzu Panther masih banyak berkeliaran meski usianya sudah uzur karena mesinnya yang bandel bin tangguh. Selain Panther, mobil diesel yang masih banyak wara-wiri di jalan meski usianya udah uzur adalah Toyota Kijang LGX dan Mitsubishi L300.

Yup, mesin diesel memang tangguh, lebih tangguh dari mesin bensin. Sebab tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin sehingga diperlukan bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dan material yang sangat kuat untuk membuat mesin diesel.

Itu sebabnya mobil-mobil bermesin diesel biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bensin untuk varian yang sama. Sebab bahan baku untuk pembuatan mesinnya memang berbeda.

2. Torsi lebih melimpah dibandingkan mesin bensin

Keunggulan mesin diesel lainnya adalah torsi yang melimpah. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam.

Dengan torsi yang melimpah, pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang membuat kenapa mobil diesel lebih enak di ajak ke pegunungan dibandingan mobil-mobil bermesin bensin.

3. Mobil diesel irit bahan bakar

Karena tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil melaju, maka mobil diesel otomatis lebih irit dibandingkan mesin bensin.

Itu sebabnya kenapa mesin diesel lebih banyak diaplikasikan ke kendaraan komersial seperti bus dan truk dibandingkan mesin bensin. Karena lebih irit dan lebih tangguh.

Bagikan

RELATED NEWS