30 Siswa SMA Batam Berlaga pada Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera

Pungki - Kamis, 22 April 2021 08:08 WIB
30 Pelajabr Batam siap berlaga pada Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS).

BATAM (sijori.id)   -  Batam mengirimkan 30 peserta yang terdiri dari siswa siswi SMA/MA Sederajat di kota Batam untuk berlaga pada Olimpiade  Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS).

Selanjutnya para peserta ini akan mengikuti berbagai macam lomba yang dilakukan secara daring. Lomba yang diikuti antara lain; lomba cerdas cermat, lomba baca puisi, lomba cipta puisi, lomba cerita pendek, lomba video pendek dan lomba cerita pendek.

Olimpiadse sendiri dilakukan sejak 21 April 2021 hingga 28 April 2021.

Olimpiade ini merupakan acara yang diinisiasi oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai untuk seluruh siswa SMA Sederajat di wilayah Pesisir Timur Sumatera, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan sekitarnya.

Menyiapkan para wakilnnya pada Sabtu (17/4/2021), Bea Cukai Batam mengadakan Sosialisasi OP3TS, bertempat di Aula lantai 3 KPU BC Batam.

Kegiatan itu juga merupakan cara memperkenalkan Bea Cukai dan meningkatkan kesadaran pentingnya pemberantasan penyelundupan kepada generasi muda dan sekaligus membekali para peserta OP3TS.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan, “Kegiatan ini sangat baik bagi generasi muda, karena adik adik ini adalah pencegah penyelundupan di masa depan. Kami meyakini bahwa generasi muda ini cerdas dan sangat memahami peraturan sehingga dapat memberikan masukan dan kritikan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas partisipasi kalian semua, sehingga dapat membantu mengkampanyekan tugas dan fungsi bea cukai kepada masyarakat, “ ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai keuangan negara dan dasar dasar kepabeanan yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, Supendi.

Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang pengawasan di kota Batam oleh Kepala Seksi Intelijen I, Tri Lukita Adi. Materi pengawasan diperkuat dengan simulasi pemeriksaan fisik penumpang dengan melibatkan satuan K9 Bea Cukai Batam. Acara berlangsung sangat seru dengan diselingi oleh pemutaran video dan games berhadiah menarik.  (*)
 

RELATED NEWS