4 Rekomendasi Dewan Sumber Daya Alam

Pratiwi - Sabtu, 24 Desember 2022 07:36 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - 4 rekomendasi isu yang dibahas dan disepakati terkait rencana kerja tahun 2023 yaitu:

  1. Pelestarian Hutan dan Perlindungan Sumber Air
  2. Rasionalisasi Pemanfaatan Air untuk Pertanian Tanaman Pangan Beririgasi
  3. Tinjauan Peran Lubang Biopori dan Sumur Resapan untuk Mitigasi Genangan
  4. Pengelolaan Terpadu Air Permukaan dan Air Tanah.

Rencana kerja itu termaktub dalam sidang pleno Dewan SDA Nasional yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian Dewan SDA Nasional yang diwakili oleh Direktur Jenderal SDA Jarot Widyoko, berharap agar substansi keempat rekomendasi tersebut dapat disepakati untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan kebijakan nasional.

”Kami mengharapkan agar substansi keempat rekomendasi tersebut dapat disepakati dan ditetapkan dalam sidang pleno hari ini, untuk selanjutnya disampaikan kepada Bapak Presiden sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan kebijakan nasional,” kata Jarot Seperti dikutip TrenAsia.com dari keterangan pers yang diterima Jumat, 23 Desember 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ketua Dewan SDA Nasional juga hadir.

Pada kesepatan tersebut, Luhut menghimbau agar partisipasi aktif baik dari unsur pemerintah maupun nonpemerintah dapat ditingkatkan ke depannya agar dapat menghasilkan rumusan kebijakan SDA yang lebih implementif dan berdampak luas.

Ini dilakukan mengingat Indonesia perlu bersiap untuk dapat menghadapi segala permasalahan global, seperti perubahan iklim dan krisis pangan.
Penerimaan Anggota Dewan

Dalam upaya menjamin pengelolaan sumber daya air yang menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan, Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional menyelenggarakan penerimaan Anggota Dewan SDA Nasional unsur Nonpemerintah periode 2023-2028.

Penjaringan anggota dewan SDA Nasional unsur Nonpemerintah dilakukan lantaran diperlukannya koordinasi antar pemangku kepentingan baik antar kementerian/lembaga maupun unsur Nonpemerintah.

Adapun pelaksanaan pendaftaran untuk kandidat Anggota Dewan SDA Nasional sendiri akan dibuka tahun 2023 secara langsung di Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional atau secara daring melalui situs dsdan.go.id. (*)

Tags Dewan SDA Nasional Bagikan

RELATED NEWS