5 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Data Scientist

JAKARTA (sijori.id) - Kebutuhan data scientist terus meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran karena posisi data scientist dapat fit ke berbagai industri hingga organisasi mulai dari perusahaan, sekolah, pemerintahan, hingga layanan kesehatan.
Apakah menggunakan data scientist benar-benar sepenting itu? Menurut laman website simplelearn berikut adalah 5 alasan mengapa perusahaan Anda membutuhkan data scientist:
1. Membantu manajemen membuat keputusan yang lebih baik
Data scientist yang berpengalaman cenderung menjadi penasihat terpercaya dan mitra strategis untuk menajemen sebuah organisasi dengan menggunakan kemampuan analitik mereka.
Data scientist dapat mengomunikasikan dan mendemonstrasikan hasil interpretasi nilai data untuk memfasilitasi organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih baik melalui pengukuran, pelacakan dan pencatatan metrik kinerja dan informasi lainnya.
2. Memberikan tantangan kepada staf perusahaan untuk update tekonologi
Salah satu tanggung jawab data scientist adalah memastikan bahwa staf organisasi akrab dan berpengalaman dengan produk analitik organisasi.
Mereka mempersiapkan staf untuk sukses dengan demonstrasi penggunaan sistem yang efektif sehingga staf mampu memahami kemampuan produk.
3. Mengidentifikasi peluang
Selama interaksi mereka dengan sistem analitik organisasi. Data scientist akan mempertanyakan proses dan asumsi yang ada untuk mengembangkan metode tambahan dan algoritma analitik.
Pekerjaan ini menuntut mereka untuk terus menerus mengidentifikasi peluang agar nilai perusahaan yang berasal dari data dapat terus meningkat.
4. Menguji keputusan perusahaan
Ketika perusahaan telah menentukan keputusan dan berfokus untuk mengembangkan perusahaan itu, penting untuk mengetahui seberapa efektif keputusan tersebut mempengaruhi organisasi.
Disinilah seorang data scientist memiliki peran yang besar untuk mengukur metrik utama terkait keberhasilan suatu keputusan.
5. Menyempurnakan audiens sasaran
Dari Google Analytics hingga survei pelanggan, sebagian besar perusahaan memiliki setidaknya satu sumber data pelanggan yang dikumpulkan.
Namun jika tidak digunakan dengan baik, data tersebut menjadi tidak berguna.
Pentingnya ilmu data didasarkan pada kemampuan untuk mengambil data yang ada yang belum tentu berguna dan menggabungkannya dengan poin data lain untuk menghasilkan insight yang dapat digunakan organisasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan audiensnya.
Data scientist dapat membantu mengidentifikasi audiens sasaran melalui analisis menyeluruh terhadap sumber data yang berbeda. Berbekal informasi ini, perusahaan dapat menyesuaikan layanan dan produk dengan pelanggan.
Data dapat menambah nilai bagi bisnis apapun terutama bagi yang dapat mengolahnya dengan baik. Data scientist tentu saja dapat memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan. (*)