5 Cara Berhenti Menggigit Kuku

Pratiwi - Senin, 13 Februari 2023 09:28 WIB
Ilustrasi kuku

JAKARTA (sijori.id) - Dilansir dari spring.org berikut adalah 5 cara berhenti menggigit kuku berdasarkan penelitian psikologis:

1. Motivasi berhenti menggigit kuku

Cara pertama untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah dengan meningkatkan motivasi untuk berhenti melakukannya. Dan memikirkan baik-baik aspek positif yang akan didapatkan jika Anda berhasil seperti tampilan kuku menjadi lebih baik.

Memang terdengar sepele, namun jangan salah ketika Anda tidak benar-benar merasa ada yang salah dengan kebiasaan menggigit kuku Anda dan tidak benar-benar berniat untuk berhenti, akan susah bagi Anda untuk mendapatkan progress.

2. Mengganti dengan kebiasaan yang lain

Salah satu cara mengubah kebiasaan buruk adalah dengan membangun kebiasaan baru yang lebih baik atau paling tidak netral.

Untuk mengganti kebiasaan menggigit kuku, Anda dapat mencoba:

  • - mengunyah permen karet,
  • - memasukkan tangan ke dalam saku,
  • - memutar-mutar ibu jari Anda,
  • - bermain dengan bola atau karet gelang,
  • - menggenggam tangan Anda
  • - makan cemilan

3. Membuat pengingat visual

Jika kuku Anda dipotong pendek, maka godaan untuk menggigitnya juga akan berkurang. Beberapa orang merekomendasikan untuk pergi ke manikur agar kuku Anda cantik dan Anda tidak lagi menggigitnya karena terlalu sayang dengan uang yang telah Anda keluarkan.

Saran lain adalah dengan memakai cat kuku hingga gelang sebagai pengingat pada tujuan Anda yaitu untuk berhenti menggigit kuku.

4. Mengidentifikasi situasi menggigit kuku

Kebiasaan sangat terikat dengan situasi. Sayangnya sulit untuk mengenali kebiasaan karena dilakukan secara tidak sadar.

Namun, Anda mungkin menemukan waktu tertentu saat menggigit kuku seperti, menonton TV, menunggu antrian, hingga membaca buku.

Cobalah meminta bantuan dari orang terdekat untuk mengingatkan Anda ketika Anda mulai melakukan kebiasaan menggigit kuku lagi.

5. Fotolah kuku Anda

Salah satu metode untuk melihat progres menghentikan kebiasaan menggigit kuku Anda adalah dengan memfotonya setiap hari.

Setiap foto progres ini akan membantu Anda untuk merasa lebih termotivasi setiap harinya.

Ingatlah, jika kebiasaan lama tidak akan mati. Mereka berada di alam bawah sadar dan menunggu untuk diaktifkan kembali.

Jika Anda kembali ke kebiasaan ini dan mendapati diri Anda mulai menggigit kuku lagi, tidak perlu khawatir tenangkan diri Anda dan pahamilah jika Anda perlu meningkatkan kesadaran diri Anda. (*)

Tags gigit kukuBagikan

RELATED NEWS