5 Cara Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Pratiwi - Minggu, 09 April 2023 08:43 WIB
.

JAKARTA (sijori.id) - Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif:

1. Pikirkan skenario bagaimana jika

Banyak penemuan-penemuan barang bagus dengan cara mengambil barang yang sudah ada dan mulai memikirkan skenario bagaimana jika.

Contohnya Steve Job, saat itu ia mengambil ponsel dan mempertanyakan pertanyaan sederhana. Bagaimana cara mengubah benda itu menjadi lebih baik atau yang terbaik?

Trik ini juga dapat Anda gunakan dan tidak hanya terpaku pada barang Anda dapat menggunakannya pada kegiatan, ide, dan tujuan lainnya.

2. Menjadi open minded

Menjadi open minded memungkinkan Anda untuk mencari dan memahami ide-ide baru sehingga kemapuan berpikir kreatif Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Kemampuan ini juga memungkinkan Anda melihat beragam kejadian dari sudut pandang yang berbeda.

3. Berdiskusilah

Diskusi dan tukar pendapat dapat merangsang daya kreativitas Anda. Cobalah menjadwalkan meeting bersama tim dan mulailah untuk berkomunikasi, melakukan sesi tanya jawab dan saling memberikan feedback.

4. Luangkan waktu

Untuk mengembangkan suatu keterampilan tertentu, Anda membutuhkan waktu dan dedikasi penuh. Jadi, cobalah untuk menyisihkan waktu dalam setiap harinya untuk mengeksplorasi berbagai cara meningkatkan kreativitas.

5. Rangsanglah otak Anda

Otak manusia bereaksi positif terhadap jenis aktivitas lain, termasuk stimulasi sensorik. Pengetahuan ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan daya kreatifitas.

Jadi cobalah untuk melakukan kegiatan baru seperti mendengarkan musik baru, mendaftar ke kelas melukis, dan beragam kegiatan lain yang dapat mengasah kepekaan indra Anda yaitu indra penciuman, pendengaran, dan rasa. (*)

Tags cara berpikirBagikan

RELATED NEWS