5 Cara Sederhana Menjadi Pribadi Lebih Percaya Diri

Pratiwi - Sabtu, 05 Agustus 2023 16:28 WIB
ilustrasi | freepik

(sijori.id) - Sebuah penelitian pada tahun 2002 menunjukkan bahwa rasa percaya diri membantu meningkatkan peluang keberhasilan saat kita mengerjakan sesuatu. Kebalikannya, ketika kita merasa tidak percaya diri dan gagal, kita cenderung membuatnya menjadi kenyataan dan benar-benar gagal.

Seorang psikolog klinis bersertifikasi Tchiki Davis, Ph.D, mengungkap 5 cara sederhana menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

1. Ketahui Nilai Diri Anda

Beberapa dari kita memiliki keyakinan yang mengakar kuat bahwa kita tidak berharga. Mungkin kita merasa dibuang, tidak dicintai, dan tidak baik dalam beberapa hal. Namun ketahuilah bahwa hal itu tidak benar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 1993 menuliskan bahwa “mungkin bagian terpenting dari menjadi percaya diri adalah mengetahui nilai Anda,”

Untuk menghindari keyakinan–keyakinan negatif ini, Davis menyarankan Anda untuk menggunakan afirmasi positif sehingga otak Anda kembali percaya bahwa Anda berharga.

2. Ketahui Sifat Baik pada Diri Anda

Masih mengutip dari penelitian yang sama disebutkan bahwa aspek penting lainnya dari kepercayaan diri adalah “mengetahui bahwa Anda memiliki kualitas yang baik”.

Memang kita semua memiliki kualitas yang baik, namun jika kita menghabiskan energi mental untuk memikirkan kualitas-kualitas yang tidak kita miliki, seringkali kita hanya memiliki sedikit waktu tersisa untuk memikirkan kualitas baik yang dimiliki.

Davis menyarankan Anda untuk membuat daftar untuk semua kualitas positif Anda seperti humor, tekad, kerendahan hati dan kualitas positif lainnya.

3. Ketahui Kekuatan Anda

Menurut Davis, mengetahui kekuatan Anda dapat menempatkan diri dalam situasi berkembang. “Ketika kita menggunakan kekuatan kita, kita bisa merasa lebih percaya diri karena kita secara teratur merasa pandai dalam sesuatu,” jelasnya.

4. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Masih bersumber dari penelitian tahun 1993, untuk lebih percaya diri kita juga perlu mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap diri sendiri.

Banyak dari kita memiliki kritik batin yang kejam. Tak jarang kita selalu merendahkan diri sendiri karena melakukan kesalahan kecil atau gagal menjadi sempurna.

Davis menyarankan, ketika kritik batin Anda muncul, “Kamu seharusnya melakukan yang lebih baik,” gantilah dengan kalimat “Saya melakukan yang terbaik yang saya bisa, dan saya bangga pada diri saya sendiri atas upaya yang saya lakukan,”

5. Lakukan yang Terbaik

Dengan melakukan yang terbaik kita bisa mengatakan dengan diri sendiri “Saya melakukan yang terbaik,”

Langkah ini menurut Davis dapat memberi diri kita lebih banyak waktu untuk istirahat dan menerima diri sendiri. (*)

Tags percaya diriBagikan

RELATED NEWS