5 Desnitasi MICE di Indonesia, Kota Apa Saja?!

Pratiwi - Minggu, 30 Juli 2023 16:53 WIB
Potret kondisi arus lalu lintas di Jakarta

JAKARTA (sijori.id) -- Secara ekonomi, Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) merupakan bisnis yang memberikan kontribusi signifikan, terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan agar suatu tempat bisa disebut sebagai destinasi tujuan MICE skala internasional.

Hal ini meliputi pertimbangan tentang akomodasi, infrastruktur, aksesibilitas, dan daya tarik wisata yang memadai di daerah tersebut. Melihat faktor-faktor tersebut, banyak daerah di Indonesia yang layak menjadi destinasi tujuan MICE internasional.

Berikut ini daerah di Indonesia yang layak menjadi destinasi MICE skala internasional.

Labuan Bajo

Bukan tanpa alasan Labuan Bajo seringkali dipilih menjadi tuan rumah kegiatan internasional. Kota ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang mendukung penyelenggaraan acara MICE skala internasional.

Sebagai contoh, pada KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung baru-baru ini, Ayana Komodo Resort dipilih sebagai salah satu lokasi acara karena menyediakan fasilitas bintang lima yang sesuai dengan standar internasional.
Potret Labuan Bajo, Ayana Komodo Resort (Ayana Komodo Resort)

Selain akomodasi berupa hotel berbintang, Labuan Bajo menawarkan fasilitas “Living on Board,” yang memberikan pengalaman menginap unik di kapal pinisi. Hal ini diperkaya dengan keindahan alam Labuan Bajo yang mampu memikat para tamu.

Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi tuan rumah ikon menarik lainnya, yaitu komodo, yang merupakan satwa langka dan hanya ditemukan di daerah tersebut di seluruh dunia.

Jakarta

Sebagai jantung Indonesia, Jakarta sering menjadi tuan rumah dalam berbagai acara MICE berskala internasional. Kota ini menyediakan beragam fasilitas penunjang yang lengkap. Mulai dari bandara internasional yang dekat dengan pusat Kota Jakarta, transportasi dalam kota berupa MRT, Commuter Line, dan TransJakarta, hotel-hotel berbintang, hingga berbagai venue tempat menggelar berbagai event standar internasional.

Bali

Tidak dapat mengabaikan fakta bahwa Bali selalu menjadi pusat perhatian dalam pembahasan MICE. Pulau ini secara konsisten menjadi tuan rumah acara-acara besar dengan skala internasional, sehingga dengan alasan ini, Bali pantas diakui sebagai destinasi MICE yang mendunia.

Baru-baru ini Bali menggelar salah satu event internasional yaitu Asia Media Summit ke-18. Acara ini berlangsung pada tanggal 23-24 Mei 2023 di Ballroom Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Hotel bintang lima yang berstandar internasional menjadi tempat mengakomodasi sekitar 300 perwakilan delegasi dari berbagai negara di Asia Pasifik yang hadir dalam acara tersebut. Sebelumnya, Bali telah sukses menggelar KTT G20 pada bulan November 2022.

Kawasan Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu tempat untuk acara Gala Dinner bagi para pemimpin dunia. Keindahan tebing-tebing batu, tarian khas Bali, pertunjukan seni, dan hidangan kuliner yang lezat berhasil meningkatkan citra Indonesia sebagai destinasi MICE internasional.

Yogyakarta

Yogyakarta, atau dikenal sebagai “Kota Gudeg,” telah menjadi destinasi MICE internasional yang menarik. Hal ini terbukti dengan beberapa kesempatan menjadi tuan rumah acara-acara besar.

Pada bulan September 2022, Yogyakarta menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan ke-3 Sherpa G20. Yang lebih baru lagi, dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023, Yogyakarta menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Yogyakarta sebagai pilihan destinasi MICE. Kota ini menyediakan kelengkapan fasilitas dan akomodasi yang memadai untuk menyelenggarakan acara dengan skala internasional.

Selain itu, Yogyakarta juga menarik sebagai destinasi tujuan MICE internasional karena keberadaannya yang dekat dengan Candi Borobudur, sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

Padang

Salah satu kota lain di Indonesia yang memiliki potensi sebagai destinasi tujuan MICE internasional adalah Padang, Sumatra Barat. Dengan nuansa budaya Minang yang kuat, Padang sangat sesuai sebagai lokasi acara MICE.

Pada tanggal 6-9 September 2023, Kota Padang akan menjadi tuan rumah acara World Islamic Entrepreneur S ummit (WIES) 2023, yang akan dihadiri oleh para pemimpin dari 8 negara. Acara ini akan berlangsung di salah satu masjid terbesar di Padang, yaitu Masjid Raya Sumatera Barat.

Padang dan beberapa kota lainnya di Sumatra Barat tergabung dalam program IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle), sebuah kerja sama kawasan sub-regional melibatkan tiga negara. Maknanya, Sumatra Barat berpotensi menyelenggarakan lebih banyak event internasional di masa depan.(*)

Tags MICEBagikan

RELATED NEWS