5 Destinasi Wisata di Maluku

Pratiwi - Senin, 10 Juli 2023 23:34 WIB
Pantai Ora Maluku

(sijori.id) - Maluku menawarkan banyak pilihan tujuan wisata. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Mei 2023, jumlah kunjungan wisawatan mancanegara sebanyak 945.590 orang. Ini mengalami kenaikan sebesar 9.21 persen dibandingkan pada bulan sebelumnya.

Provinsi Maluku sendiri memiliki luas wilayah 62.946 km persegi yang berbatasan dengan Laut Seram di Utara, Samudra Hindia dan Laut Arafura di Selatan, Papua di Timur, dan Sulawesi di Barat.

Dengan letak geografis Maluku yang hampir seluruhnya berbatasan dengan laut. Secara otomatis yang terbesit di pikiran kita pastinya banyak tempat wisata alam terutama pantai yang menawarkan pemandangan eksotis.

Berikut ini 5 rekomendasi wisata alam di Maluku.

1. Pulau Bair

Pulau Bair bisa disebut sebagai Raja Ampatnya Maluku. Pulau ini terletak di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah dan dipenuhi hutan mangrove yang asri. Di pulau ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam seraya menyelam, snorkeling, maupun sekadar berjemur di atas perahu.

Untuk menuju pulau ini, pengunjung harus menyeberang dari Pulau Kei. Namun jika pengunjung ingin beristirahat di pulau ini, anda harus kembali ke pulau Kei karena di Pulau Bair belum ada fasilitas tersebut.

Meski demikian, ketika berkunjung anda tidak bakal kecewa dengan keperawanan alam yang asri karena belum dijamah banyak pengunjung.

2. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Pulau Ambon. Pantai ini terletak di Desa Suli, Maluku Tengah yang dicapai kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat Kota Ambon.

Disini anda dapat menyaksikan keindahan hamparan pasir putih yang memanjang di setiap bibir pantai. Kabarnya ada kepercayaan masyarakat setempat, jika berendam di pantai Natsepa penyakit flu ringan yang diderita anda dapat sembuh.

3. Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat menyandang status dengan pantai pasir putih terhalus di asia. Bentangan pasir pantai ini bisa dikatakan sehalus bagaikan bedak bayi, Keren bukan main kan!

Lokasi pantai berada di cerukan Pulau Kei yang tepatnya di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Jadi jika kalian ingin berkunjung ke Maluku tidak boleh melewatkan wisata alam pantai yang memiliki pemandangan indah ini.

4 Pulau Saparua

Pembaca buku sejarah sudah pasti mengenal nama pulau Saparua . Pasalnya pulau Saparua menjadi salah satu diantara gugusan kepulauan Maluku yang pernah diduduki Portugis dan Belanda pada abad 17 silam.

Disini anda, selain dapat menikmati suguhan peninggalan historis, anda dapat menikmati keindahan alam yang menawan pulau ini. Lokasi pulau ini berada di daerah Kecamatan Saparua di dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

5. Tebing Makariki

Siapa bilang Maluku hanya kaya wisata pantai? Buktinya ini ada kok wisata alam yakni Tebing Makariki, namun hingga kini masih jarang dijamah manusia, lantaran lokasi tersembunyi.

Tebing Makariki terletak di kaki Gunung Binaiya yang lokasi tepatnya di Pulau Seram, Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah.

Jadi jika kalian ingin menyaksikan keindahan alam tebing Makariki yang dibalut dengan keeksotisan air danau yang berwarna biru jernih, anda memang harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Namun, jika sudah sampai, rasa lelah anda akan terobati, kok ada wisata alam sebagus ini. (*)

Tags MalukuBagikan

RELATED NEWS