5 Lokasi Wisata Yogya yang Cocok untuk Healing

Pratiwi - Minggu, 06 Februari 2022 23:11 WIB
null

YOGYAKARTA (sijori.id) – Jogja memang ‘ngangeni’. Selain kaya akan unsur budaya, lokalitas, dan kuliner khas, Jogja juga punya destinasi wisata yang melimpah ruah.

Salah satu wisata andalan Jogja yang dapat kamu temukan adalah kekayaan alam. Mulai dari nuansa pegunungan hingga dataran rendah nan estetik seperti pantai bisa kamu temukan di Jogja.

Suasana alam yang syahdu dan indah ini cocok untuk membawamu sejenak lepas dari hiruk pikuk perkotaan. Tak heran jika banyak destinasi wisata alam di Jogja yang cocok untuk healing agar stres akibat segudang rutinitas bisa terobati.

Nah, penasaran kira-kira mana saja destinasi wisata alam yang cocok untuk healing? Berikut ini kami rangkum 5 tempat wisata alam yang cocok dikunjungi untuk healing.

1. Taman Sungai Mudal, Kabupaten Kulon Progo

Taman Sungai Mudal berlokasi di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Terdiri dari kawasan perbukitan, sungai, dan pemandian alami, kamu bisa jadikan ini sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Di sana terdapat air terjun kecil yang bisa kamu manfaatkan untuk menjernihkan pikiran dengan berdiri di bawahnya. Jika hanya ingin sekadar berjalan-jalan menikmati alam, terdapat jembatan yang bisa kamu lalui sambil jalan-jalan dengan santai.

2. Pantai Kesirat, Kabupaten Gunungkidul

Ingin melepas kesedihan sambil menikmati pemandangan matahari terbenam bak film drama? Pantai Kesirat mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

Meski tidak bisa bermain air karena lautannya dikelilingi tebing setinggi lebih kurang 40 meter, kamu bisa memanfaatkan tebing tersebut untuk duduk santai melihat panorama yang ada. Kamu juga bisa berteduh dan bersandar di sebuah pohon besar di pinggir tebing sambil menenangkan diri. Jika masih merasa cemas, kamu bisa berkemah dulu semalam hingga diri terasa tenang. Asyik kan?

3. Pantai Siung, Kabupaten Gunungkidul

Destinasi yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini menyajikan hamparan laut biru dan pasir putih yang memukau. Di sepanjang pantai, wisatawan juga akan menemukan perahu-perahu nelayan yang "terparkir" sehingga menambah sentuhan lokal yang ciamik.

Yang istimewa, di Pantai Siung akan kamu dapati pemandangan tebing-tebing perbukitan yang indah. Kamu pun bisa menaiki tebing untuk melihat pantai dari ketinggian. Jika ingin menambah destinasi yang ingin dikunjungi, dari rute tebing Pantai Siung, wisatawan dapat menuju Bukit Pengilon dengan berjalan kaki. Pokoknya cocok banget buat healing.

4. Kebun Buah Mangunan, Kabupaten Bantul

Buat kamu yang malas bangun pagi pas liburan tunda dulu ya kebiasaanmu. Karena sayang banget untuk melewatkan pagi di Kebun Buah Mangunan. Di pagi hari kabut akan muncul dan menyelimuti hamparan pegunungan hijau dan Sungai Oya yang berada di bawah kawasan ini. Dijamin pemandangannya benar-benar luar biasa.

Kamu akan dibawa layaknya sedang berada di atas awan sembari menunggu terbitnya mentari pagi dari ufuk timur. Jangan sampai kamu lupa mengabadikan moment indah ini dengan kamera ya, dijamin akan semakin mempercantik feeds instagram kamu. Tempat ini benar-benar sangat pas untuk menenangkan diri.

5. Pantai Ngetun, Kabupaten Gunungkidul

Pantai Ngetun terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini sebenarnya termasuk sepi wisatawan, makanya cocok sebagai tempat untuk healing.

Akses menuju pantai ini masih sangat ekstrem. Karena itu, lebih baik kamu mengendarai motor. Meski harus melintasi jalanan yang rusak, panorama alam yang ditawarkan akan langsung membuat hati gembira. Diapit oleh dua bukit, Pantai Ngetun menawarkan hamparan laut lepas yang indah dan jernih. Jika ingin merasakan ketenangan, kamu bisa duduk-duduk di puncak bukit sambil menikmati embusan angin dan melupakan seluruh masalah yang ada.(*)

Editor: Pratiwi
Tags Yogyakarta, JogjaBagikan

RELATED NEWS