5 Manfaat Slow Cooker untuk Kehidupan Berumah Tangga

Pratiwi - Kamis, 20 April 2023 16:15 WIB
Ilustrasi slow cooker.

JAKARTA (sijori.id) — Sebagian kalangan saat ini mulai menekuni cara memasak alternatif untuk menghasilkan makanan yang sehat dengan manfaat lebih baik. Salah satu tren memasak yang sedang berkembang yakni slow cooker. Slow cooker bisa diartikan sebagai proses memasak secara perlahan.

Saat ini ada sejumlah piranti masak untuk menunjang slow cooker. Meski memakan waktu lebih lama, piranti tersebut bakal membuat makanan lebih matang, nutrisi terjaga dan lain sebagainya. Berikut sejumlah manfaat slow cooker untuk kehidupan berumah tangga:

Menjaga Kandungan Nutrisi

Slow cooker akan membantu menjaga nutrisi dalam setiap bahan makanan hingga dikonsumsi. Ini karena proses memasak dengan slow cooker hanya menggunakan api kecil. Manfaat tersebut membuat slow cooker sangat cocok untuk mempersiapkan Makanan Pendamping ASI (MPAS) pada bayi agar proses pertumbuhannya tetap terjaga.

Membuat Daging Lebih Empuk

Memasak dengan slow cooker akan membuat dagin menjadi lebih empuk dan mudah dikonsumsi. Ha itu bisa terjadi karena slow cooker menggunakan api rendah serta frekuensi masak yang perlahan dan lama. Daging yang empuk tentu menambah sensasi kelezatan dalam sajian.

Rasa Lebih Merata

Dibandingkan dengan memasak cepat yang langsung jadi, slow cooker butuh waktu lebih lama. Ha ini membuat rasa dalam masakan lebih merata. Bumbu serta bahan lain yang digunakan pun akan memiliki rasa lebih kuat. Keuntungan lainnya yakni bahan tidak akan menempel di bawah wadah. Biasanya bahan lengket di bawah ketika memasak di oven atau panci.

Mencegah Masakan Gosong

Anda pemula dalam memasak atau punya kesibukan tinggi di rumah? Slow cooker bisa menjadi pilihan tepat untuk menyajikan makanan. Ini karena slow cooker dapat membantu mencegah masakan gosong dan kehilangan air ketika ditinggal melakukan aktivitas lain. Jika sudah gosong, makanan tentu tidak enak dikonsumsi bukan?

Hemat Alat Masak

Slow cooker adalah piranti masak yang serba bisa. Anda tinggal memasukkan semua bahan ke wadah kemudian dinyalakan dengan durasi tertentu. Artinya, Anda tak perlu menggunakan banyak panci, wajan atau piring selama proses masak. (*)

Tags slow cookerBagikan

RELATED NEWS