5 Skill Komunikasi Bisnis

Pratiwi - Rabu, 26 April 2023 07:59 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - TrenAsia, jejaring media sijori.id merangkum 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill komunikasi bisnis Anda.

1. Sebut nama lawan bicara

Menyebut nama lawan bicara akan membuat seseorang merasa dihargai. Hal ini tentunya bisa membuat percakapan kalian lebih personal dan menciptakan kedekatan dengan lawan bicara.Sisi Gelap menjadi Leader: Kesepian

2. Jangan takut untuk menulis di catatan

Menulis catatan penting selama percakapan adalah cara yang efektif untuk mengingat informasi penting. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mendengarkan seseorang dengan sungguh-sungguh.

3. Baca kembali sebelum mengirimkan pesan

Salah satu kekurangan berkomunikasi menggunakan pesan adalah tidak adanya bahasa tubuh untuk mendukung informasi yang ingin Anda sampaikan. Pesan yang Anda kirimkan sangat berpotensi menimbulkan multitafsir. Inilah mengapa Anda perlu mengecek apakah pesan yang sudah Anda tulis sudah tepat dan jelas.

4. Sopan

Menujukkan rasa sopan saat berkomunikasi dapat meningkatkan branding dan kesan profesional pada diri Anda. Hindari menyisipkan lelucon yang menyinggung, tunjukkan senyum dan anggukan kepala Anda selama berkomunikasi.

5. Berpikir sebelum berbicara

Ingat bahwa Anda tidak bisa menarik kembali ucapan yang telah Anda lontarkan. Jadi berhati-hatilah dengan ucapan Anda. Pikirkan matang-matang sebelum Anda memutuskan untuk mengucapkan sesuatu. (*)

Tags Komunikasi bisnisBagikan

RELATED NEWS