5 Skill yang Paling Banyak Dicari pada Masa Depan

Pratiwi - Senin, 09 Januari 2023 14:42 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Indonesia diprediksi akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2030-2045 dengan jumlah 64% dari total jumlah penduduk Indonesia. Bonus demografi adalah keadaan yang lazim dialami oleh sebuah negara, dimana jumlah populasi penduduk dengan usia produktif lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif. Penduduk denan usia produktif adalah mereka dengan rentang usia 15-64 tahun. Sedangkan mereka dengan usia kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun disebut penduduk usia tidak produktif.

Kualitas tenaga kerja yang baik tentunya perlu dipersiapkan untuk menyambut bonus demografi, agar rentang waktu ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Lalu kira-kira skill apa saja sih yang paling banyak dicari di masa depan ?

Dilansir dalam laman website Forbes berikut 5 skill yang paling banyak dicari dimasa depan.


Literasi Digital

Skill ini mencakup keterampilan untuk belajar, bekerja, dan menavigasi kehidupan sehari-hari di dunia digital kita. Termasuk kemampuan untuk menggunakan perangkat, perangkat lunak, dan aplikasi. Orang-orang dengan kemampuan literasi digital dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital. Tak hanya itu, mereka juga akan selalu mengikuti perkembangan teknologi baru sehingga akan memberikan dampak pada pekerjaan dan bisnis mereka.


Literasi Data

Profesi Data Analyst memang menjadi profesi yang paling banyak dicari akhir-akhir ini, bukan tanpa sebab karena bagi sebagian perusahaan, data adalah salah satu aset bisnis terpenting dan berharga bagi mereka. Perusahaan tentunya ingin mempekerjakan seseorang yang dapat mengambil data dan menggunakannya secara efektif.

Curiosity dan Continuous Learning

Berapapun usia atau industri Anda, mengadopsi pola pikir curious dan continous learning sangat penting untuk berkembang di tempat kerja di masa depan. Skill ini dapat membantu Anda untuk tetap fleksibel menerima perubahan serta membantu Anda menjaga keterampilan sehingga Anda akan tetap mampu mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Dengan skill ini Anda akan tetap releban di dunia kerja dan berpeluang untuk mendapatkan kesempatan terbaik untuk membangun kehidupan yang sukses.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengekspresikan dan mengendalikan emosi. Orang yang cerdas secara emosional menyadari bagaimana emosi mereka memengaruhi perilaku mereka sendiri dan memengaruhi orang lain di sekitar mereka sehingga mereka akan berusaha untuk mengelola emosi tersebut. Kemampuan untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain adalah komponen kunci dari kecerdasan emosional.

Manajemen Waktu

Apapun bentuk pekerjaan Anda, mungkin itu pekerjaan remote, freelance, di kantor hingga menjalankan bisnis Anda sendiri. Kemampuan manajemen waktu secara efektif sangat penting untuk kinerja Anda. Manajemen waktu artinya adalah bekerja lebih cerdas daripada lebih keras.

Anda harus tahu kapan waktu paling produktif Anda dan menggunakannya untuk tugas yang terhitung sulit, dan menyisihkan waktu kurang produktif Anda untuk tugas yang relatif mudah. Kemampuan manajemen waktu juga penting untuk kesehatan mental Anda. Ketika Anda mampu mengatur waktu secara efektif, peluang Anda menciptakan kesimbangan kerja dan kehidupan pribadi akan lebih baik.

Tags Bonus DemografiBagikan

RELATED NEWS