6 Kota dengan Sajian Kuliner Berselera Versi Taste Atlas

Pratiwi - Jumat, 19 Mei 2023 14:32 WIB
Menu Bakso Malang Cak Uman

JAKARTA (sijori.id) - Taste Atlas merilis hasil survey bertajuk 100 Best Cities to Try Local Food. Dari 100 daftar yang dirilis, 6 kota di Indonesia masuk ke dalam daftar kota terbaik untuk menikmati makanan lokal.

Berikut daftar kota di Indonesia yang menjadi surga makanan lokal versi Taste Atlas.

1. Jakarta

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta menjadi pusat dari berbagai makanan khas lokal daerah berkumpul. Selain itu, Jakarta juga punya hidangan khas sendiri yang tak kalah dibandingkan daerah lain.

Didapuk sebagai tempat terbaik ke-14 untuk menikmati hidangan lokal, Jakarta dideskripsikan sebagai tempat dimana Anda bisa menemukan deretan makanan yang beragam, enak, dan termasuk warisan budaya dengan pedagang kaki lima di setiap sudut jalan.

Keunggulan lain dari hidangan lokal Jakarta ini adalah harganya yang terbilang murah. Adapun makanan yang direkomendasikan saat mengunjungi Jakarta menurut TasteAtlas adalah nasi goreng dan tumisan yang sudah jadi lambang masakan Indonesia.

2. Yogyakarta

Pernah menjadi ibukota sementara Indonesia, Yogyakarta didapuk sebagai surga makanan lokal ke-48 dunia atau kedua di Indonesia versi Taste Atlas.

Suasana kota yang khas ditambah lingkugan yang khidmat membuat Yogyakarta menjadi tempat yag wajib dikunjungi, termasuk dalam bidang kuliner.

Taste atlas mendeskripsikan Yogyakarta sebagai kota dengan banyaknya angkringan dan warung tendaan yang unik. Dereta sajian makanan lokalnya pun dirasa enak.

Website travel populer ini pun merilis deretan makanan yang harus dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta adalah gudeg, ayam geprek, sayur lodeh, sate kere, dan ayam goreng.

3. Bandung

Di benak milenial, bicara mengenai hidagan lokal bandung tentunya tak jauh dari dunia per-aci-an atau tepung kanji. Meski demikian, Hidangan Bandung rupanya masuk di lidah orang luar.

Bandung didapuk sebagai kota terbaik ke-80 untuk menjajal makanan tradisional. Meski tak spesifik mengenai makanan apa saja yang ada di Bandung, Kota ini memiliki banyak hidangan tradisional yang cocok di lidah orang manapun.

Menurut Taste atlas, deretan makanan tradisional yang wajib dijajal di bandung adalah seblak, mie kocok, lotek, peuyeum, aneka jajanan aci, dan lainnya.

4. Padang

Taste Atlas mendapuk Padang sebagai kota dengan hidangan lokal terbaik urutan ke-90 di dunia. Hampir mirip dengan India, jajanan padang memiliki rasa yang kuat karena bumbunya kaya dengan rempah.

Selain rendang yang menjadi hidangan khas, Taste Atlas merekomendasikan hidangan lokal lain seperti ada dendeng batokok hingga sate padang.

5. Surabaya

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, surabaya adalah kota terbaik ke-94 untuk menjajal hidangan lokal. Bahan terbaik dan khas dari hidangan Surabaya adalah Petis, pasta hitam yang terbuat dari sari udang.

Memiliki rasa unik sekaligus enak, sejumlah hidangan Surabaya yang direkomendasikan oleh Taste Atlas antara lain adalah rawon, tahu tek, lontong kupang, lontong balap, dan lainnya.

6. Malang

Malang menjadi kota ke-99 yang didapuk sebagai surganya makanan lokal. berada dekat dengan Surabaya, beberapa hidangan malang mungkin tak jauh beda dengan surabaya yang berkunci pada petis.

Adapun hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung di malang adalah bakso malang, sego goreng yang punya ciri khas berwarna merah, rujak cingur, dan lain sebagainya. (*)

Tags Kuliner Bagikan

RELATED NEWS