6 Lokasi Nyantai di Gunungkidul, Yogya

Pratiwi - Selasa, 21 Desember 2021 07:15 WIB
Embung Nglanggeran merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul yang sudah mulai dibuka dengan syarat tertentu.

GUNUNGKIDUL (sijori.id) – Selama ini, wisata di Gunungkidul identic dengan pantai. Tapi tidak semua wisata di Gunungkidul itu pantai. Ada banyak destinasi wisata selain pantai yang bisa kamu kunjungi di Gunungkidul.

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Gunungkidul yang bukan pantai.

1. Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

List pertama yang bisa kamu sambangi adalah Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Untuk menikmati Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu harus sedikit mendaki. Tapi di sini kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Sementara untuk Embung Nglanggeran, kamu bisa menikmatinya tanpa mendaki.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Bulan Desember ini merupakan musim penghujan. Saat ini memang bukan musim yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk. Tapi saat sedang tidak hujan, tempat ini wajib masuk list.

3. Goa Kalisuci

Cavetubing Kalisuci ini merupakan tempat wisata yang bisa memacu adrenalin. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas susur sungai (rafting), sekaligus susur goa (cave tubing). Goa Kalisuci ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

4. Gunung Ireng

Gunung Ireng ini cocok buat kamu yang suka berburu kabut. Nah, ini adalah musim yang sangat tepat. Pastikan maam harinya atau H-1 sorenya hujan, maka pagi-pagi kamu bisa menikmati kabut di Gunung Ireng ini. Gunung Ireng berlokasi di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

5. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang lokasinya berada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Jadi kamu bisa mengunjungi dua tempat wisata ini sekaligus. Di lokasi ini juga sudah ada camping ground lho. Jadi kamu bisa menikmati air sambil camping.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan tempat yang pas untuk melepas penat sepulang dari Gunungkidul. Selain karena pemandangan landscape Jogja malam hari yang indah, pilihan tempat singgahnya juga banyak. Bukit bintang terletak di Area Kebun Srimulyo, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. (jogjaaja)

Editor: Pratiwi
Tags Jogjagunung kidulBagikan

RELATED NEWS